7 Bank Gagal Belum Berdampak Sistemik

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 320 2300713 7-bank-gagal-belum-berdampak-sistemik-7bQrJAq68D.jpg Perbankan (Shutterstock)

JAKARTA - Ekonom Indef Nailul Huda mengatakan 7 bank gagal yang disebutkan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) belum berdampak sistemik. Terutama kepada perbankan nasional.

" Karena yang bermasalah merupakan bank yang relatif lebih kecil dibandingkan bank lainnya, maka pengaruh kepada perbankan nasional juga minim dan cenderung tidak berdampak sistemik," kata Nailul Huda saat dihubungi MNC News Portal, Jakarta, Rabu (28/10/2020).

 Baca juga: Sebelum Corona Datang, 7 Bank Gagal Sudah Terseok-seok

Kata dia, bank yang gagal ini disebabkan kesulitan likuiditpas dan penyaluran pinjaman yang bermasalah.

"Mereka saat ini kesulitan dalam hal likuiditas, penyaluran pinjaman, maupun kredit bermasalah. Tiga masalah ini biasanya muncul waktu-waktu krisis seperti sekarang," bebernya.

 Baca juga: BI-OJK Sepakat Beri Pinjaman Likuiditas Perbankan

Dalam kesempatan yang sama,Ekonom Core Piter Abdullah menilai agar LPS bisa mencari solusi dalam menangani perbankan yang alami kegagalan.

"LPS sudah bisa ikut mengawasi dan mencarikan solusi atas bank tersebut. Jadi harus benar dulu definisi bank gagalnya," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini