Budidaya Ikan Louhan Kembali jadi Primadona di Tengah Covid-19

Ulil Amri, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 455 2305882 budidaya-ikan-louhan-kembali-jadi-primadona-di-tengah-covid-19-M7X15ARkp8.jpg Budidaya Ikan Louhan di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com)

TANJUNG BALAI – Selain tanaman hias, ikan cupang, maskoki, hingga louhan tak kalah menarik untuk dipelihara dan dibudidayakan saat pandemi Covid-19. Ikan louhan yang pernah jadi primadona saat medio 2004-2007 silam kini kembali digandrungi oleh masyarakat.

Penjual Ikan Louhan Nizam Nababan menyatakan, awalnya memelihara ikan yang memiliki ciri khas benjolan di kepalanya itu dari pemberian koleganya.

Baca Juga: 5 Fakta Orang Terkaya di China: Jack Ma Juaranya hingga Ada Bos TikTok

Kini, dirinya tak menyangka bahwa hewan tersebut kembali diminati oleh masyarakat. Bahkan, penjualan dari ikan hias itu bisa menambah pundi-pundi pemasukan bulanannya.

“Pertama kali memperoleh ikan louhan dari temannya. Namun, karena mampu menjadi daya jual ia kini telah memiliki puluhan ekor ikan lohan dan membudidayakannya,” kata Nizam, di Tanjung Balai, Sabtu (7/11/2020).

Baca Juga: Tanaman Lidah Mertua Dijual Rp350 Juta, Siapa yang Beli?

Dia mengaku menjual ikan louhan itu dengan harga bervariatif, dimulai dari ratusan ribu rupia hingga Rp4 juta, tergantung jenis ikan dan ukurannya.

Dalam perawatan ikan hias tersebut tidak susah, yakni sama seperti ikan lainnya, seperti dengan rutin pemberian makan dan penggantian air 3 hari sekali.

“Selain memiliki keunikan di tubuhnya, ikan louhan ini sendiri memiliki mitos sebagai ikan pembawa keberuntungan,” ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini