Cara Kelola BLT Rp1,2 Juta agar Selamat di Tengah Resesi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 622 2305825 cara-kelola-blt-rp1-2-juta-agar-selamat-di-tengah-resesi-2iO84GcqvK.jpg Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Gaji Tambahan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) termin II akan mulai diterima para pekerja pekan ini. Pembagian BLT itu kini di tengah Indonesia sedang dilanda resesi.

Para pekerja yang menerima upah di bawah Rp5 juta akan menerima BLT termin kedua sebesar Rp1,2 juta pada awal November mendatang. Oleh sebab itu, para pekerja diminta untuk pintar-pintar dalam mengeola keuangannya supaya pemberian stimulus itu bermanfaat.

Baca Juga: Variasi Modus Kejahatan Perbankan Makin Banyak , Begini Cara Menghindarinya

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho memberikan, tips-tips agar program BLT itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurut dia, meski uang itu diberikan agar dibelanjakan, tapi tetap harus digunakan untuk kebutuhan pokok.

Diharapkan para pekerja tak memakai dana tersebut dengan membeli gadget baru, padahal ponsel yang lama masih bagus.

Baca Juga: Indonesia Masuk Resesi, Berapa Uang Tunai yang Harus Dipegang?

"Hindari ganti gadget padahal masih berfungsi dengan baik, atau produk-produk fashion padahal pakaian kita yang masih layak pakai masih banyak," kata Andy kepada Okezone, Sabtu (7/11/2020).

Selain itu, lanjut dia, hindari untuk membeli kebutuhan yang tidak mendesak seperti jajan makanan atau minuman kekinian yang tidak termasuk kebutuhan pokok.

"Padahal makanan sehari-hari sebenarnya sudah tercukupi," ujarnya.

Dia mengimbau kepada para pekerja yang mendapatkan BLT tersebut agar memprioritaskan penggunaan daan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sifatnya penting dan mendesak.

"Kalaupun masih berlebih dana tersebut, sebaiknya dialokasikan untuk menambah dana darurat, karena bagaimanapun pemberian dana tersebut terbatas dan dalam jangka waktu tertentu," kata dia.(fbn)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini