Ekonomi Membaik, China Hentikan Stimulus Covid-19

Djairan, Jurnalis · Senin 09 November 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 320 2306506 ekonomi-membaik-china-hentikan-stimulus-covid-19-4luC7qycXZ.jpg China Hentikan Stimulus Penanganan Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

BEIJING - China meyakini ekonominya telah pulih dari dampak pandemi Covid-19. Karena hal itu, Bank Sentral China (PBOC) berencana menghentikan stimulus ekonomi yang sejak awal tahun telah diberikan untuk membantu sektor bisnis dan masyarakat.

Hal itu sangat kontras dengan Amerika Serikat (AS) dan Eropa, di mana gelombang kedua Covid-19 memaksa pemerintah di sana untuk mempertimbangkan lebih banyak stimulus. Pejabat PBOC sedang mendiskusikan waktu penarikan stimulus, dan dipastikan hal itu segera terlaksana.

Baca Juga: Ekonomi China Bangkit, Tumbuh 4,9% di Kuartal III

“Ekonomi internasional pulih secara umum, sedangkan China pulih secara keseluruhan, kita lebih baik dibandingkan ekonomi internasional. Terkait waktu dan metode untuk keluar dari kebijakan tersebut perlu dievaluasi dengan hati-hati, terutama berdasarkan status pemulihan ekonomi," ujar Wakil Gubernur PBOC, Liu Guoqiang dikutip dari Bloomberg Senin (9/11/2020).

Baca Juga: Ini Rahasia China Berhasil Atasi Krisis Ekonomi saat Covid-19

Liu mengatakan, China berhasil menebus semua kerugian yang dialami di paruh pertama 2020, dengan pemulihan pertama kali didorong oleh ekspor dan output industri dan kemudian disusul konsumsi yang meningkat. China menjadi negara ekonomi besar satu-satunya yang mencatat pemulihan sebaik itu.

"Kami telah melakukan beberapa penelitian baru-baru ini, dan kami dapat melihat dari tren bahwa ekonomi negara kami relatif kuat, kebijakan mulai berpengaruh, dan kepercayaan pasar mulai pulih,” kata Liu.

Liu tidak memberikan rincian pasti kapan waktu penarikan stimulus, dia menekankan langkah-langkah kebijakan tetap akan disesuaikan berdasarkan perubahan kondisi dan permintaan pasar. Dia menyebut daerah-daerah yang masih membutuhkan bantuan jangka panjang tetap akan diperhatikan.

PBOC telah mengambil pendekatan terukur untuk pelonggaran moneter tahun ini, mulai dari menurunkan suku bunga, menyuntikkan likuiditas dan memberikan kelonggaran pembayaran pinjaman bisnis. Gubernur PBOC, Yi Gang sebelumnya menyerukan kepada pasar untuk mulai memikirkan jalan keluar dari stimulus keuangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini