Bos OJK Ingin Bikin Sandbox ala Drama Korea 'Start Up'

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 320 2308023 bos-ojk-ingin-bikin-sandbox-ala-drama-korea-start-up-S9fg0Km9p9.jpg Startup (Shutterstock)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal mengembangkan industri finansial teknologi atau fintech. Hal ini agar bisa memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan akan membuat perusahaan startup yang memiliki istilah sandbox. Adapun sandbox ini tengah dilakukan beberapa negara termasuk di Korea Selatan.

 Baca juga: Joe Biden Menang Pilpres AS, TikTok Minta Ancaman Blokir Dicabut

Terlebih sandbox ini ada pada drama Korea Selatan yang berjudul Startup. Adapun drama ini dimainkan oleh Suzy Bae, Nam Joo Hyuk dan Kim Suen Ho.

"Kita sangat akomodatif utk mendukung inovasi generasi milenial dalam produk-produk teknologi atau start-start up. Ini akan memberikan guidence, dan pembinaan. Enggak setiap generasi muda punya talent yang sama, dan ini kita memberikan sandbox," kata Wimboh dalam video virtual, Rabu (11/11/2020).

 Baca juga: EV Growth Bidik Indonesia untuk Investasi Startup

Kata dia, sandbox ini akan berisikan produk digital. Ini nanrinya akan memudahkan perusahaan fintech bisa mengembangkan inovasi bisnis yang baru.

"Ini banyak sekali ada related lending, raising fund,a da yang payment, ada yang comodity, banyak sekali. Disitu kami menyalurkan, produk regulatornya adalah lembaga ini," katanya.

Dengan kata lain jika ada industri dengan regulator yang menggarap fintech akan memudahkan perizinan berbisnis untuk perusahaan teknologi lainnya.

"Memang kadang-kadang setiap talent berbeda-beda ada yang cepet, ada yang setengah cepet. kebijakan clear, akomodatif, dan inovasi, dan membina untuk itu," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini