Tips Tahan Godaan Diskon Akhir Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 622 2309899 tips-tahan-godaan-diskon-akhir-tahun-QxfvnxFTlp.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Promo diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh toko baik offline maupun online seringkali menjadi tantangan yang sangat berat dalam pengelolaan keuangan. Karena sering kali, iming-iming barang dengan harga murah membuat iman goyah.

Apalagi jelang akhir tahun atau akhir bulan seperti saat ini. Beberapa toko juga sudah mulai menawarkan promo menarik yang bisa membuat iman goyah seperti promo 11:11 atau promo natal dan tahun baru nanti.

Baca Juga: Kalap Waktu Harbolnas, Begini Siasat Keuangan Supaya Cukup Sampai Gajian Nanti

Perencana Keuangan Safir Senduk mengatakan untuk mencegah agar tak tergoda dengan iming-iming diskon, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya adalah dengan mengubah mindset terhadap barang yang akan dibeli.

Maksudnya adalah dengan mengeluarkan uang hanya untuk barang yang dibutuhkan saja. Meskipun harga barang yang lain jauh lebih murah dibandingkan yang dibutuhkan.

 

Karena menurutnya, jika membeli barang yang tidak dibutuhkan akan sangat rugi bagi keuangan. Sebab uang yang dikeluarkan terbuang percuma karena barang yang dibeli tidak terpakai meskipun harganya murah.

"Jadi kalau saya maksud saya apa yang harus kita lakukan ? Yang harus kita lakukan nomor 1 walau harga lagi diskon tapi kita enggak butuh sebenarnya rugi. Karena kita beli apa yang enggak kita butuhkan," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Lalu cara lainnya adalah hanya mengeluarkan uang jika memang sudah sangat butuh terhadap suatu barang. Oleh karena itu, mulai sejak dini untuk memisahkan antara barang yang sifatnya kebutuhan dan keinginan.

"Kedua adalah, kalau kita butuh baru kita beli. Apa yang harus kita lakukan, ya kita jadi bijak melihat mana yang betul-betul kita butuhkan, mana yang betul-betul tidak kita butuhkan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini