Harga Pertalite Rasa Premium Rp6.450 per Liter Ada di 85 Kota

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 22:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 320 2312015 harga-pertalite-rasa-premium-rp6-450-per-liter-ada-di-85-kota-gFmaNbQulO.jpeg BBM (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan memperluas Program Langit Biru ke-85 kabupaten/kota seluruh provinsi. Vice President Promotion & Marketing Communication PT Pertamina Arifun Dhalia mengatakan Program Langit Biru merupakan upaya pemerintah menciptakan udara yang bersih dan sehat dengan mendorong penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan.

"Nanti ada 85 kabupaten/kota program ini sudah berjalan tetap dengan Program Langit Biru yaitu program marketing Pertalite harga Premium di 85 kota/kabupaten. Ditambah tiga itu tadi Denpasar, Tangerang Selatan, Palembang," ujar Arifun dalam video virtual Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Sedih, Indonesia Termasuk 7 Negara Penjual BBM Tak Ramah Lingkungan

Menurutnya, pogram Langit Biru yang telah dilaksanakan pada Pulau Jawa dan Bali telah merata. Dalam Program Langit Biru ada potongan harga BBM jenis Pertalite seharga Premium .

"Jadi, nanti bulan Januari apakah diturunkan diskonnya menjadi Rp800 atau lanjutannya diturunkan menjadi Rp400 itu tergantung respon market atau respons konsumen di dalam menyikapi program ini," bebernya.

Di sisi lain, Pertamina berkomitmen melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 mengenai batasan Research Octane Number (RON) untuk menjual bahan bakar minyak (BBM) yang berkualitas.

Arifun mengatakan hal ini berdasarkan kesepakatan Paris Agreement yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dimana Indonesia harus menjual produk BBM dengan RON minimum 91.

"Jadi di atasnya Pertalite harusnya (jenis BBM yang boleh dijual di Indonesia)," kata Arifun.

 

Dia menjelaskan, 'Program Langit Biru' itu sudah diujicobakan di dua kota, yakni di Denpasar dan Tangerang Selatan. Untuk di Denpasar sendiri, melalui program Pemda yaitu 'Denpasar Berenergi Sehat', saat ini pelaksanaannya bahkan sudah masuk bulan kelima.

 

"Dimana tiap dua bulan sekali kami kurangi diskon (harga Pertalite)nya," tandasnya.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini