Ibu Negara Sebut Covid-19 Beri Banyak Hikmah, UMKM Beralih Digital

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2312921 ibu-negara-sebut-covid-19-beri-banyak-hikmah-umkm-beralih-digital-8YjK06T2tz.jpg Iriana Jokowi Soal UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyebut bahwa pandemi Covid-19 menghasilkan banyak hikmah. Salah satunya hikmah kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Iriana, hikmah utama dari adanya pandemi adalah para pelaku UMKM jadi melek digital. Sehingga produk UMKM Indonesia bisa lebih dikenal dunia karena bisa diakses dengan mudah.

Baca Juga: Gandeng UMKM, SPIN Berkomitmen Bangkitkan Perekonomian Nasional di Masa Pandemi

“Saya sangat senang karena situasi pandemi, semangat untuk memajukan UMKM enggak pernah surut. Tapi semakin kencang, semakin kreatif dan menarik. Pandemi Covid-19 memberikan banyak hikmah, untuk mendorong UMKM beralih lebih cepat ke digital,” ujarnya dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Menurut Iriana, adanya perkembangan teknologi digital membuat para pelaku UMKM harus bisa memanfaatkannya untuk menyiapkan dan menyesuaikan model bisnisnya. Namun selain itu, kualitas produknya juga harus ditingkatkan.

Baca Juga: Wapres: Pengembangan UMKM Sangat Penting untuk Kurangi Kesenjangan

"Kualitas produk, branding, packing, pelayanan juga harga agar tidak kalah saing dari produk negara lain. Pemakaian platform digital saat ini telah membuka kesempatan luas kepada generasi muda," ucapnya.

Iriana menilai pemanfaatan digital sangat menjanjikan bagai generasi muda Indonesia yang sangat banyak. Sebab mereka sudah terbiasa menggunakan teknologi digital dalam kehidupan.

"Karena itu sekarang waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha, bangun dan besarkan UMKM, membantu ciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, dorong perekonomian," kata Iriana.

Oleh karena itu, pemerintah bersama dengan Bank Indonesia dan lembaga lainya membuka atau mengembangkan usahanya. Sehingga ke depannya bisa menjadi kekuatan ekonomk baru bagi Indonesia

"Kita dorong dan ciptakan budaya enterpreneur di kalangan anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global, mendunia, membawa produk Indonesia untuk semakin diminati pasar internasional," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini