6 Cara Memulai Bisnis Rumahan, Sesuaikan dengan Kemampuan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 23 November 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 455 2314413 6-cara-memulai-bisnis-rumahan-sesuaikan-dengan-kemampuan-8fQruyy7WP.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Tren berbisnis dari rumah sedang digandrungi masyarakat di saat pandemi Covid-19 ini. Ada yang menjual tanaman hias, ikan hias hingga makanan beku.

Namun, kala memulai usaha hampir dipastikan Anda mengalami kebingungan untuk memulainya dari tahapan apa. Tapi hal itu diharapkan tak lantas membuat Anda membatalkan rencana untuk menjadi wirausaha.

 Baca juga: Upaya Chicco Jerikho Pertahankan Bisnis Kopi di Tengah Covid-19

Dilansir dari akun Instagram Perencana Keuangan Prita Ghozie, Senin (23/11/2020) ada beberapa tips untuk Anda yang memang serius ingin menjalani bisnis dari rumah. Berikut ulasannya:

1. Pilih usaha sesuai kemampuan

Namanya memulai usaha dari rumah, hampir dipastikan kita akan start small. Penting untuk menggali minat dan kemampuan Anda sebagai basis untuk memulai usaha.

Coba cek modal yang Anda Miliki:

 Baca juga: Kisah Firman, Tutup Warkop hingga Terima Banpres Rp2,4 Juta untuk Bertahan Hidup

- Network: punya banyak grup WA atau FB.

- Skills:hobi banget masak, jahit, atau ngurus tanaman.

2. Tentukan pangsa pasar dan cara pemasaran

 

Saat memulai bisnis, Anda sudah harus mengetahui pangsa pasar untuk barang atau jasa yang dijual. Mulai dari yang sanggup dikerjakan, lalu bergerak ke pasar lebih luas dengan bantuan media sosial seperti WA grup, Instagram atau platform e-commerce.

Bagaimana dengan sistem endorse?

- Endorsement tidak berbayar: enggak boleh maksa.

- Endorsement berbayara : membuka awaraness, tapi belum tentu terjadi penjualan.

3. Gunakan modal sendiri

 

Saat memulai usaha dari rumah, sebisa mungkin jangan diawali dengan berutang. Kumpulkan dulu uangnya, atau kamu bisa menjual aset menganggur yang ada di rumah seperti barang koleksi atau garage sale barang yang sudah tidak terpakai.

4. Buat pembukuan sederhana

Banyak yang berbisnis dari rumah, seringkali gagal mendapatkan keuntungan karena lalai dalam menghitung biaya dan beban produksi. Pembukuan harus dibuat berkala dan disimpan rapi di komputer dan arsip.

5. Pisahkan rekening tabungan rumah tangga dan bisnis

Saat memulai usaha, langsung buat rekening tabungan bisnis terpisah yang bisa dimulai dengan saldo Rp1 juta.

6. Enjoy

Berbisnis sekecil apapun pastilah ada masa-masa lelah, ingin mundur, atau menyerah. Itu sebabnya, Anda harus menikmatinya.

Saat mengerjakan sesuai dengan kesukaan dan dibarengin dengan plan yang baik, maka bisnis Anda akan berjalan lebih berkah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini