Ada Vaksin, Ekonomi dan Investasi RI Siap "Lari" Tahun Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 320 2316957 ada-vaksin-ekonomi-dan-investasi-ri-siap-lari-tahun-depan-Cu245s6Ldg.jfif Virus Corona (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Ekonomi Indonesia diprediksi akan mulai bergerak ke arah positif pada tahun depan. Hal ini menyusul akan adanya vaksin covid-19 yang akan didistribusikan kepada masyarakat pada tahun depan.

Sandiaga Uno mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat pada tahun depan. Sehingga bisa mendatangkan investasi ke Indonesia.

Baca Juga: Resesi, Kebijakan Ekonomi Harus Memikirkan Jangka Panjang

"Saya menilai perkembangan ekonomi pada tahun 2021 akan sangat menarik. Saya optimistis perkembangan ekonomi akan meningkat. Tentunya akan mendatangkan investasi," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (26/11/2020).

Menurut Sandi, selama tahun 2020, pertumbuhan ekonomi dunia melambat karena ada Covid-19. Indonesia juga termasuk negara yang terdampak, bahkan pada kuartal III ekonomi RI mengalami resesi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia pada triwulan III-2020 mengalami kontraksi 3,49%. Sebelumnya, BPS juga mencatat terjadi kontraksi dalam perekonomian Indonesia pada triwulan II-2020 tumbuh minus 5,32%.

Namun, dia optimistis melihat ketersediaan vaksin untuk mencegah Covid-19. Sehingga, harapannya ekonomi akan tumbuh positif pada 2021.

"Ketersediaan vaksin berita yang sudah kami tunggu. Pasar global memandang positif ketersediaan vaksin. Pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan berdampak dari vaksin ini," jelasnya.

Bagi perusahaan, adanya Covid-19 merupakan tantangan bagaimana menghadapi virus tersebut untuk menjadi pemenang. Perusahaan perlu memiliki strategi untuk bisa menang melawan covid-19.

"Perusahaan harus mempunyai strategi memenangkan melawan covid. Saya optimis melihat ekonomi Indonesia pada tahun depan," kata Sandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini