Bos BI: Indonesia Mau Jadi Player Ekonomi Syariah Dunia

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 30 November 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 320 2318777 bos-bi-indonesia-mau-jadi-player-ekonomi-syariah-dunia-jjKQ9Ff07P.jpg Ekonomi Syariah (Foto: Reuters)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, Indonesia berkomitmen untuk menjadi pemain industri halal dunia. Hal ini menyusul potensinya ekonomi dan keuangan syariah yang sangat besar.

Menurut Perry, komitmen pemerintah untuk menuju jadi pemain industri halal dunia sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Tak hahya di sektor perbankan, sektor-sektor lainnya juga kini sudah mulai diarahkan untuk menjadi pemain global.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Hery Gunardi Jadi Dirut Bank Syariah Hasil Merger

“Pemerintah dan kita semua ingin bagaimana Indonesia jadi player di dunia. Ini langkah-langkah yang selalu kita tingkatkan sehak 2015 dalam memperkuat langkah yang sebelumnya hanya fokus di perbankan,” ujarnya dalam acara Webinar Syariah Series KAFEGAMA 2020, di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Oleh karena itu lanjut Perry, pemerintah terus menggeber ekonomi syariah. Misalnya adalah di sektor perbankan, zakat produktif, dan memasok supplay chain lewat ekspor impor barang.

“Di 2015 pengembangan ekonomi syariah semakin diperluas seperti di perbankan, pasar modal, mobilisasi wakaf zakat produktif, dan mebuat halal supply chain. Termasukjuga kita kampanyekan sosialisasi literasi ekonomj dan bi sangat antusias setiap tahun menggelar ISEF,” ucapnya.

Menurut Perry, langkah serius Indonesia merambah industri halal sudah mulai dibuktikan dengan beberapa langkah yang dilakukan pemerintah. Misalnya adalah membentuk Komite Nasional Keuangan Ekonomi Syariah (KNKS).

“Itu sebagai langkah kita sinergikan dan berkoordinasi dgn masing-masing lembaga, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI, perbankan untuk bersama majukan ekonomi keuangan syariah. Jadi sekali lagi, ini pendekatan model bisnis ekonomi yang memang terus perlu kita kembangkan,” tukas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini