UMKM Harus Diselamatkan agar Pengangguran Berkurang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 320 2319530 umkm-harus-diselamatkan-agar-pengangguran-berkurang-DorQtaIrKi.jpg Pengangguran (Shutterstock)

JAKARTA - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sedang mengalami krisis karena menurunnya daya beli masyarakat. Alhasil, mereka memilih untuk menutup usahanya karena tak kuat lagi membiayai beban gaji para pegawainya.

Direktur Utama BRI Sunarso menyebut kelompok UMKM harus diselamatkan karena mereka mampu menyerap tenaga kerja. Berdasarkan data yang ada, 97% pekerja di Indonesia itu berasal dari pelaku UMKKM.

"Kita menyelamatkan UMKM, maka menyelamatkan angkatan kerja kita dan tingkat penyediaan kesejahteraan masyarakat," kata Sunarso dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga: 10 Pekerjaaan yang Paling Banyak Kena PHK Selama Pandemi Covid-19

Dia menilai salah satu solusi untuk menyelamatkan para pelaku UMKM adalah dengan cara membeli produknya. Sehinggga, dengan meningkatnya permintaan, maka nantinya bisa mengurangi tingkat penganggurn akibat adanya pandemi ini.

"Yang harus kita lakukan, tenaga kerja itu akan terserap apabila produknya banyak yang mengkonsumsi. Kemudian yang mengkonsumsi itu tidak terbatas. Semakin banyak kita mengkonsumsi produk-produk UMKM, itu artinya akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan menumbuhkan level kesejahteraan," ujarnya.

Dia mengingatkan agar lembaga dan kementerian segera menggelontorkan anggarannya untuk dibelanjakan kepada pelaku UMKM.

"Yang paling dibutuhkan sekarang stimulus dari pemerintah berupa belanja negara. Kantor-kantor juga belanja furnitur atau segala macam terhadap produk-produk dari UMKM, itu yang paling penting," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini