Gaji PNS Dirombak, Iuran BPJS hingga Tapera Gimana?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 320 2321799 gaji-pns-dirombak-iuran-bpjs-hingga-tapera-gimana-QpmDNHCvL8.jpeg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah berencana untuk merombak skema gaji Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini sempat membuat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) gundah jika penghasilannya tidak akan mencukupi.

Sebab banyak iuran yang harus dibayar oleh para PNS. Dari mulai iuran untuk Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan hingga iuran BP Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Baca Juga: Begini Kriteria PNS yang Bakal Naik Gaji

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan perombakan gaji PNS ini sudah melperhatikan berbagai aspek. Salah satunya adalah mengenai iuran jaminan sosial.

“Sudah memperhitungkan iuran-iuran yang ada,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga: Hitung-hitungan Skema Baru, Gaji PNS Tak Mungkin Turun

Sementara itu, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, beberapa fasilitas iuran akan tetap diberikan. Seperti misalnya iuran dari jaminan sosial.

“Fasilitas tetap ada, iuran BPJS, Tapera, Taspen dan lain-lain,” ucapnya.

 

Paryono pun menjamin jika penghasilan atau gaji PNS tidak akan mengalami penurunan. Lagipula lanjut Paryono, kebijakan mengenai skema gaji baru ini tidak permanen karena mengikuti kondisi keuangan negara.

“Ini kebijakan dari pemerintah dan terkait dengan kondisi keuangan negara jadi tidak permanen,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini