PTB Jadi Operator Pelabuhan Dukung Pemindahan Ibu Kota

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 320 2321980 ptb-jadi-operator-pelabuhan-dukung-pemindahan-ibu-kota-W8eHmEYMKe.jpeg Pelabuhan (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menunjuk PT Pelabuhan Tiga Saudara (PTB) sebagai operator di terminal muara berau di Pelabuhan Samarinda. Adapun masa konsesi pengelolaannya adalah selama 25 tahun.

Direktur Pengembangan Bisnis PTB Kamarudin Abtami mengatakan salah satu tujuan dari konsesi ini adalah untuk mendukung wacana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Sehingga arus barang nantinya akan semakin mudah.

Baca Juga: Ada Pelabuhan Patimban, Menko Luhut: 4,3 Juta Lapangan Kerja Terbuka

Dengan penunjukan ini juga diharapkan bisa memperlancara arus barang ekspor ke ibu kota baru. Tak hanya itu, arus jasa juga akan semakin lebih mudah dan murah.

“Salah satu tujuan konsesi ini guna mendukung penetapan Kalimantan Timur sebagai Provinsi Ibu Kota Negara Baru sehingga arus barang dan jasa di Terminal Alih Muat Barang Muara Berau siap menjadi pelabuhan tujuan maupun eksport,” ujarnya saat ditemui di Hotel Des Indes Menteng, Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Dengan penunjukan ini juga diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar. Dengan moncernya pertumbuhan ekonomi di daerah, akan berdampak juga pada perekonomian nasional.

“Perjanjian kerja sama ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian nasional, khususnya untuk masyarakat sekitar. Keberadaan pelabuhan berpotensi berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional, mulai dari mikro hingga makro,” jelasnya.

Selain itu, penunjukan PTB sebagai operator pelabuhan juga bisa menggairahkan investasi di daerah sekitar. Khususnya investasi yang akan masuk dalam sektor pelabuhan.

“Dengan hadirnya Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Tiga Bersaudara, akan menstimulus BUP swasta lainnya, khususnya dari Kalimantan Timur untuk turut berinvestasi di bidang kepelabuhanan,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini