5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 455 2321776 5-kesalahan-fatal-yang-sering-dilakukan-pebisnis-57iGEmvvMy.jpg Tips Memulai Bisnis (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Sebelum memulai bisnis, yang terpenting adalah memiliki budget. Mempertahankan keuntungan yang didapat adalah kunci agar usaha dapat berkembang pesat.

Hampir semua bisnis kecil mengalami kesalahan finansial sehingga keuntungan mereka terbuang sia-sia. Bayangkan bisnis adalah sebuah ember, dan uang seperti air yang mengalir dari atas.

Bagaimana jika ember tersebut memiliki lubang kecil di bagian bawah? Lama kelamaan air akan habis bukan? Tidak masalah berapa banyak uang yang masuk, perlahan tapi pasti bisnis Anda akan kehilangan uang.

Baca Juga: Ternyata, Buah dan Sayur Jadi Peluang Bisnis Menjanjikan di Tengah Covid-19

Melansir dari entrepreneur.com, Jumat (4/12/2020), ada beberapa cara mengatasi bisnis Anda jika mengalami kegagalan dalam hal finansial:

1. Membayar Pajak Berlebihan

Setiap bisnis mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk membayar pajak, tapi beberapa bisnis membayar pajak dengan berlebihan. Dikarenakan sistem kode pajak yang kompleks atau salah mengelola pengeluaran mereka.

Solusinya, melacak semua kuitansi dan luangkan waktu untuk mengatur pajak admin.

Baca Juga: Heboh Janda Bolong Harga Fantastis, Bagaimana Sih Cara Merawatnya?

2. Mudah Tergoda

Dibutakan oleh pesaing dan pengeluaran yang boros sering kali terjadi. Berlomba menjadi “nomor satu” jadi permainan dalam dunia bisnis.

Tidak perlu jadi nomor satu, jika pendapatan Anda pada posisi sebelumnya sudah jauh lebih baik.

3. Belanja Tanpa Berpikir di Fase Awal

Saat baru memulai bisnis, sangat mudah untuk tersingkir jika terlalu banyak membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Perbaiki dengan meneliti setiap keuntungan; setiap uang yang masuk dan keluar harus dihitung. Agar bisnis Anda meningkat dengan jalan yang lebih teratur.

4. Bertindak Sebelum Waktunya

Merasa bisnis sudah sukses, biasanya jadi merasa lebih yakin. Sehingga membuat Anda bertindak tanpa berpikir untuk jangka waktu yang panjang.

Sebaiknya sebelum memulai, tanyakan pada diri Anda mengapa melakukannya dan apakah itu ide yang bagus.

5. Terlalu Sibuk

Jika kamu merasa susah membedakan sibuk atau produktif, lihat bagaimana cara Anda bekerja. Apakah strategi yang dijalani benar atau malah berbeda dengan tujuan sebelumnya.

Tidak apa untuk bertanya kepada karyawan dan buat inovasi baru agar menemukan jalan keluar yang efisien.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini