Ada Vaksin Sinovac asal China, Strategi RI Melawan Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 320 2323334 ada-vaksin-sinovac-asal-china-strategi-ri-melawan-covid-19-PqI06dMMQ9.jpg Vaksin Sinovac Tiba di Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Setelah ditunggu-tunggu akhirnya Indonesia kedatangan vaksin yang diproduksi oleh perusahaan asal China yakni Sinovac pada malam dini hari tadi.

Ada sekitar 1,2 juta dosis vaksin Sinovac yang dikirim dengan menggunakan pesawat kargo khusus milik Garuda Indonesia.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 China Tiba, Pengusaha: Kami Merasa Lega

Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin covid-19 merupakan salah satu dari tiga strategi utama dalam menghadapi pandemi covid-19. Hal ini juga disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Sesudah ada kajian yang mendalam kajian ilmiah kita harus ingat, WHO sendiri mengatakan, vaksin insi sendiri adalah merupakan satu dari tiga strategi utama dari WHO untuk menangani pandemi," katanya saat konferensi pers virtual, Senin (7/12/2020).

Baca Juga: Vaksin Covid-19 China Tiba, Pengusaha: Kami Merasa Lega

Adapun strategi pertama sesuai dengan arahan dari WHO adalah yang pertama melakukan perubahan perilaku. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak 1 meter hingga memakai masker

"Satu dari tiga pertama adalah perubahan perilaku 3T dan 3M," ucapnya.

Kemudian yang strategi yang kedua adalah melakukan perawatan di rumah sakit. Namun perawatan yang dilakukan di rumah sakit ini dikhususkan hanya untuk masyarakat atau orang yang sudah sakit.

"Kedua adalah perawatan di rumah sakit untuk orang-orang yang sudah sakit," ucap Budi.

Lalu strategi yang terakhir adalah dengan menggunakan vaksin. Nantinya, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menyebut jika vaksin ini akan disuntikan kepada orang-orang yang masih sehat.

"Ketiga adalah strategi vaksin untuk orang-orang yang masih sehat," kata Budi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini