5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Galak dan Judes

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2020 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 455 2326715 5-cara-jitu-hadapi-bos-yang-galak-dan-judes-hHSFzKJZIn.jpg 5 Cara Jitu Hadapi Bos Galak (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menghadapi orang-orang di tempat kerja, bahkan seorang atasan harus dilakukan sesuai dengan karakternya. Tetaplah tenang saat menghadapi mereka karena tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi.

Memahami karakter atasan yang keras di tempat kerja perlu diimbangi dengan respon positif yang diberikan kepadanya. Hal itu bertujuan untuk kembali menciptakan suasana yang hangat sehingga perselisihan dapat dihindari.

Baca Juga: 9 Ide Bertahan dan Sukses di Bawah Bos 'Killer' 

Dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (@kemnaker), Jakarta, Minggu (13/12/2020), janganlah gampang tersulut emosi ketika mendapat teguran keras dari atasan. Bersikaplah tenang karena bisa saja teguran tersebut dijadikan pembelajaran yang baik untuk ke depannya.

“Jangan mudah terpancing emosi saat Rekanakee kena ‘semprot‘ dari atasan. Teruslah berpikir positif dan jadikan teguran atasan Rekanaker sebagai pelajaran untuk mendapatkan jenjang karier yang lebih baik,” tulis Instagram Kemnaker.

Hadapi atasan yang galak dan judes dengan feedback yang baik. Siapa tahu dengan begitu, atasan juga akan berusaha memberikan sikap yang baik kepada bawahannya.


Berikut 5 tips untuk menghadapi atasan yang judes dan galak versi Kemenaker.

1. Lakukan Komunikasi yang Baik

Ketika atasan di tempat kerja memiliki sifat yang judes dan galak, jangan kembalikan sifat itu kepadanya. Hal itu bukan memperbaiki hubungan sebagai rekan kerja, tetapi akan memperkeruh suasana.

Sebaliknya, cobalah bersikap baik dengan cara membangun komunikasi terhadapnya. Secara perlahan, sifat judes dan galak atasan kerja akan menghilang dan akan memberikan perhatian yang lebih kepada karyawannya.

 

2. Santai Namun Tetap Profesional

Hadapi atasan yang galak dan judes dengan santai, jangan terlampau tegang. Namun, profesionalitas harus tetap diutamakan. Laksanakanlah perintah atasan dengan baik. Selain pekerjaan akan tuntas dengan cepat, atasan akan melihat kinerja yang baik dari karyawannya walaupun sifat yang dia berikan kurang berkenan.

3. Evaluasi Apa Penyebab Bos Marah

Saat terkena marah atasan, karyawan akan meberikan cap galak padanya. Sebaiknya, lihatlah juga sesuatu hal dari sisi yang berbeda. Seorang atasan marah pasti disebabkan oleh suatu hal, seperti sebuah kesalahan. Evaluasilah amarah atasan kerja untuk diri sendiri. Dengan begitu, seorang karyawan akan berusaha bekerja lebih baik lagi sehingga kejadian serupa bisa dicegah.

4. Hindari Konflik Langsung

Ketika memiliki atasan yang galak dan judes, jangan lakukan hal yang menyebabkan konflik langsung dengannya. Hal itu nantinya akan berpengaruh dengan karier pekerjaan yang sedang dijalani.

Di sisi lain, sebuah kesalahan yang berujung akan selalu diingat oleh atasan kerja dan mungkin sulit untuk dilupakan.

5. Tunjukkan Prestasi

Tunjukkan prestasi kepada atasan supaya sifat judes dan galaknya dapat dihilangkan. Lakukan hal-hal yang baik dan sesuai koridor tertentu untuk menunjukkan prestasi kepadanya.

Dengan demikian, prestasi akan mudah diraih, misal menjadi karyawan terbaik bulan itu. Selain memperlihatkan kapasitas kerja, atasan akan memberikan perhatian lebih sehingga pekerjaan yang diberikannya dapat dilakukan dengan mudah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini