Share

Disuntik Vaksin Covid-19, Dubes RI di UEA: Percaya dan Yakinlah

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 320 2327305 disuntik-vaksin-covid-19-dubes-ri-di-uea-percaya-dan-yakinlah-J6EvIFJWRL.jpg Dubes RI untuk UEA Sudah di Vaksin. (Foto: Okezone.com/RFI)

JAKARTA - Pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) mulai melakukan vaksinasi sejak Oktober 2020. Bahkan otoritas negara setempat ikut memberikan vaksin Covid-19 jenis Sinopharm kepada Warga Negara Indonesia (WNI) di negara setempat.

Salah satu orang Indonesia yang ikut divaksin adalah Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis. Dirinya pun meminta masyarakat Indonesia agar percaya dengan vaksin Sinovac yang tengah dilakukan uji mutu oleh PT Bio Farma (Persero) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Berapa Harga Vaksin Covid-19? Jubir: Tunggu Pengumuman Resmi

"Percayalah dan yakinlah dengan vaksin, Insya Allah kita akan sehat walafiat dan akan kembali back to normal," ujar Husin dalam konferensi pers virtual, Senin (14/12/2020).

Ihwal vaksinasi di UAE, dia mengutarakan, tidak semua kedutaan besar (Kedubes) negara lain memperoleh vaksin hasil produksi perusahaan farmasi asal China tersebut. Namun, berbeda dengan KBRI, di mana, pemerintah UAE memberikan akses vaksinasi bagi KBRI dan WNI di sana.

Baca Juga: Beli Vaksin Covid-19 Berbayar, Begini Reaksi Pengusaha

Husin menyebut, pemberian akses vaksinasi oleh otoritas setempat karena faktor hubungan baik antara Indonesia dan UAE.

Adapun, WNI yang telah mendapatkan disuntik vaksin Sinopharm berjumlah 50 orang. Jumlah itu termasuk mereka yang menjadi relawan uji klinis Sinopharm. Bahkan, dalam proses vaksinasi semua berjalan dengan baik.

“Semua berjalan lancar, istri saya juga sudah divaksin, yang kerja di rumah juga sudah disuntik. Sebagian besar oke, ada 1-2 orang yang setelah disuntik ada nyeri sebentar 1-2 jam, setelah itu normal, mungkin karena ada perasaan takut atau apa, tapi secara umum semua baik,” katanya.

Dia bilang, vaksin Sinopharm yang digunakan oleh pemerintah UAE adalah halal. Karena itu, dia menegaskan, pemerintah Indonesia juga mendatangkan vaksin yang halal untuk masyarakat.

"Masyarakat UEA yakin bahwa vaksin yang diproduksi halal. Pemerintahnya juga klaim bahwa itu halal," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini