4 Jenis Ikan Cupang yang Bisa Hasilkan Cuan, Cek di Sini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 455 2327149 4-jenis-ikan-cupang-yang-bisa-hasilkan-cuan-cek-di-sini-TGghI13t8r.jpg Ikan Cupang (Foto: Freepik)

JAKARTA – Di masa pandemi memelihara ikan cupang tengah menjadi tren bagi sebagian orang. Pasalnya, ikan hias petarung ini memiliki warna kontras dan bentuk sirip yang unik sehingga tampak indah di akuarium.

Karena keunikan dan karakternya yang tangguh, ikan cupang banyak diburu. Tak jarang, para penggemar ikan territorial ini rela menguras kantongnya demi dapat memiliki ikan cupang yang unik.

Memelihara ikan cupang juga relatif mudah. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama. Sehingga tidak memerlukan perawatan ekstra, hanya dibutuhkan akuarium dan pakan ikan.

Baca Juga: Viral! Pria Ini Rela Tukar Cincin Emas Milik Istri demi Cupang 

Mengutip buku berjudul Panduan Lengkap Budi Daya & Perawatan Cupang Oleh Joty Atmadjaja & Maloedyn Sitanggang, Berikut ini beberapa jenis ikan cupang terpopuler yang bisa menjadi pilihan untuk dipelihara dan bisa mendapat untung besar.

1. Cupang Serit (Crown Tail)

Cupang serit merupakan cupang asli Indonesia. Siripnya yang serupa jarum atau berserit adalah perpanjangan dari tulang sirip. Cupang serit menjadi kebanggan Indonesia dan memberikan sumbangan pada dunia cupang internasional. Hingga kini Indonesia dikenal sebagai penghasil cupang serit.

Cupang serit silang atau King Crown Tail memiliki harga tinggi dan banyak dicari oleh para penggemar ikan cupang. Sebab, memiliki ekor yang menyilang dan melengkung menyerupai mahkota raja. Karena masih terbilang sulit diperoleh, harganya mencapai lebih dari jutaan rupiah.

2. Cupang Halfmoon (Separuh Bulan)

Di Indonesia, cupang halfmoon pertama dikenal pada awal 2000. Saat itu, Henry Gunawan (penggemar ikan cupang yang membawa cupang serit untuk dikonteskan di AS) mendatangkan beberapa pasang dari Eropa dan Amerika. Perkembangan halfmoon sangat pesat dan banyak diminati karena ekornya yang lebar dan gerakannya yang anggun.

 

3. Cupang Cagak (Double Tail)

Double tail memiliki ekor ganda yang membelah di bagian tengah sirip ekor. Akibat mutasi genetik, ikan ini memiliki sirip punggung yang pajangnya sama dengan sirip bawah. Double tail juga memiliki cuping sirip ekor yang berbeda. Itu mengapa ketika si cupang mengembang, ekornya tampak bercabang dua atau cagak.

Di Indonesia double tail masih belum banyak dibudidaya karena faktor keberhasilannya yang kecil. Para penggemar ikan cupang masih kesulitan untuk mendapatkan jenis ini. Tak bayak juga kontes yang menyediakan kelas bagi double tail.

 

4. Cupang Plakat

 

Cupang plakat adalah cupang ekor pendek. Nama plakat dipakai di mancanegara untuk membedakan cupang hias ekor pedek dengan cupang aduan. Pemulian cupang plakat lebih ditujukan kepada warna dan bentuk sirip ketimang kekerasan sisik, gigi, dan gaya bertarungnya.

Cupang plakat juga dikembangkan untuk mendapatkan ukuran yang besar melalui persilangan dengan cupang alam yang umumnya berukuran 10-12 cm. Cupang plakat raksasa dihargai mulai dari Rp10 juta rupiah per ekornya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini