Cuan dari Ikan Cupang, Pangsa Pasarnya Sampai Mancanegara

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 455 2327333 cuan-dari-ikan-cupang-pangsa-pasarnya-sampai-mancanegara-MreX694q4E.jpg Ikan Cupang (Foto: Okezone)

JAKARTA – Bisnis ikan cupang sedang naik daun. Selain sebagai hobi, memelihara ikan cupang juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jika dilakukan degan tekun, bisnis ikan cupang dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang tak sedikit.

Ikan cupang mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Karena keunikannya ini, beberapa jenis cupang memiliki nilai tinggi. Bahkan ada yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Baca Juga: 4 Jenis Ikan Cupang yang Bisa Hasilkan Cuan, Cek di Sini

Selain itu, membudidaya ikan cupang juga terbilang relatif mudah. Cupang sendiri merupakan salah satu ikan air tawar yang dapat hidup dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, ikan cupang dinilai dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak orang menjadikan bisnis ini sebagai pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama.

Baca Juga: Bisnis Ikan Cupang Hasilkan Cuan, Ayo Siapkan 9 Sarana Budidaya Berikut Ini

Mengutip buku berjudul Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi oleh Zainal Abidin, Hutami P. Puspitasari, ikan cupang merupakan spesies ikan hias air tawar yang memiliki peluang pasar di sektor regional hingga internasional.

Peluang pasar ikan cupang sudah berkembang menjadi usaha potensial dengan tidak terbatas pada pasar konvensional saja, misalnya konsumen lokal dengan distribusi jarak dekat. Namun, usaha ini sudah merambah pada pasar internasional dengan komoditas ekspor yang terus berkembang.

Dunia bisnis produk perikanan non konsumsi terus mengalami perkembangan, salah satunya komoditas ikan hias yang merupakan salah satu andalan ekspor. Hal ini karena ikan hias memiliki prospek yang cerah dan selalu mengalami kemajuan seiring dengan permintaan pada pasar internasional.

Tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah Jepang, Amerika Serikat, Hongkong, Australia, dan Inggris. Ini menjadi tujuan pasar, karena permintaan akan ikan hias di sana cukup tinggi.

Salah satu sifat ikan cupang yang menguntungkan adalah gemar kawin, sehingga perkembangbiakannya relatif cepat dan dapat disilangkan dengan jenis ikan cupang lain. Ini dapat menambah varietas baru pada ikan cupang, dan menghindari kejenuhan pasar.

Bagi pengusaha yang akan memasuki pasar ekspor, perlu mempertimbangkan hal strategis yang bersifat teknis. Komoditas yang laku di pasar internasional adalah yang mutu atau kualitasnya mampu saing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini