Pengusaha Minta Pemerintah Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Semua Masyarakat

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 320 2328184 pengusaha-minta-pemerintah-gratiskan-vaksin-covid-19-untuk-semua-masyarakat-4QsTvSD0bP.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah memberikan vaksin Covid-19 gratis ke seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani dalam telekonferensi.

Menurutnya, pemberian vaksin kepada masyarakat ini untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Kami juga ingin masyarakat yang rentan terhadap covid-19 baik karena profesinya seperti tenaga medis, guru, dan lain-lain serta karena usia memang perlu mendapat prioritas vaksinasi," ujar dia, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga: Menkes Sebut Daftar 6 Vaksin Covid-19 Bisa Berubah

Akan tetapi, kelompok masyarakat lainnya seperti pekerja pabrik, juga tidak berarti diabaikan.

"Jadi kami harap pemerintah memberikan vaksinasi tidak hanya kepada kelompok-kelompok tertentu. Tapi kepada seluruh masyarakat termasuk para pekerja dengan biaya dari negara," ungkap dia.

 

Dia menjelaskan, vaksinasi gratis terbatas tidak menguntungkan bagi karyawan yang perusahaannya tidak bisa menjalankan vaksinasi karena ketiadaan dana. Dan tujuan mencapai herd immunity lewat vaksinasi juga tak akan tercapai.

"Apabila nanti vaksinnya harganya mahal, itu bagaimana? Kan karyawan tak dihitung 1-2 orang untuk melakukan vaksinasi. Lalu lalau perusahaan karyawan banyak bagaimana? Maka menurut saya itu harus dilihat secara jernih. Jadi Apindo tak sembarang usul, namun demi keselamatan semua," pungkas dia.

Sebelumnya, harga vaksin covid-19 diusulkan sebesar Rp100 ribu. Harga tersebut diusulkan sebagai harga maksimal atau batas atas vaksin covid-19.

Ketua Komisi I Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Anna Maria Tri Anggraini mengatakan harga maksimal yang ideal untuk vaksin corona berbayar adalah sebesar Rp100 ribu. Kalkulasi, harga vaksin ini mengacu standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini