Bisnis Ikan Cupang di RI Bisa Bikin Kantong Tebal, Simak di Sini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 455 2328091 bisnis-ikan-cupang-di-ri-bisa-bikin-kantong-tebal-simak-di-sini-YVgEn8X274.jpg Ikan Cupang (Foto: Okezone)

JAKARTA – Bisnis ikan cupang akhir-akhir ini kembali mejadi tren yang booming di masyarakat. Ikan hias petarung ini ramai diburu oleh berbagai kalangan, mulai dari yang muda hingga tua.

Pasalnya, ikan cupang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Ekor yang panjang dengan corak warna yang indah membuat ikan ini terlihat sangat cantik. Tak heran, banyak orang rela membayar dengan harga mahal demi ikan cupang yang unik.

Baca Juga: Mau Sukses Bisnis Cupang, Simak Strateginya

Kepopuleran ikan cupang saat ini dianggap menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pelaku bisnis ikan cupang kebanyakan malah berasal dari kalangan pekerja yang menjadikan ini sebagai bisnis sampingan. Lalu bagaimana sih prospek bisnis ikan cupang di Indonesia?

Mengutip buku berjudul Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi oleh Zainal Abidin, Hutami P. Puspitasari, bisnis ikan cupang di Indonesia memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Sebab, iklim Indonesia cocok untuk tempat hidup dan perkembangbiakannya. Selain itu, masih banyak faktor pendukung lainnya seperti kesedian air yang cukup, lahan masih luas, dan dukungan pemerintah dengan adanya kelompok-kelompok pembudidaya ikan.

Baca Juga: Sejarah Ikan Cupang Sejak Masuk Indonesia, Primadona dari 1960-an

Ikan cupang dikenal mampu hidup di tempat dengan kadar oksigen yang terbatas. Hal ini dapat mempermudah proses distribusi ke berbagi tempat. Hanya dengan menggunakan kantong plastik yang diberi air dan oksigen, cupang dapat tetap hidup selama proses pendistribusian. Kemudahan ini menjadi peluang usaha bagi masyarakat yang ingin terjun berbisnis ikan cupang.

Dalam proses budidaya ikan cupang, tidak harus secara terpadu mulai dari pembenihan hingga pembesaran dalam satu unit usaha. Budidaya dapat dilakukan dalam beberapa subsistem terpisah. Dengan adanya susistem pada budidaya ikan cupang dapat membuka peluang bisnis potensial karena rantai produksi yang berkaitan satu sama lain.

Budidaya ikan cupang juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Skala rumah tangga dengan meletakan di dalam akuarium saja sudah cukup menjadi peluang menjanjikan. Permintaan pasar terhadap ikan ini juga masih tinggi, baik itu konsumen dalam negeri maupun luar negeri.

Usaha ikan cupang dapat dijadikan pekerjaan pokok maupun sampingnya. Sebab, budidayanya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Sebagai pekerjaan sampingan, ikan cupang cukup diberi pakan secara teratur dan tetap mengontrol kondisi air pada pagi dan sore hari.

Ada banyak cara untuk meningkatkan permintaan ikan cupang. Selain melalui pengembangan bisnis pada hasil budidaya yang optimal, bisa juga dengan mengikuti kontes-kontes ikan cupang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini