Sistem Gaji PNS Indonesia Vs China, Lebih Besar Siapa?

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 320 2331094 sistem-gaji-pns-indonesia-vs-china-lebih-besar-siapa-gqJibhmgkP.jpg Sistem Gaji PNS Diubah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pemerintah tengah merumuskan perubahan skema penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sistem gaji PNS yang baru akan lebih sederhana dan tidak banyak komponennya.

Nantinya, gaji pokok PNS tidak akan bergantung lagi pada pangkat dan golongan. Formula gaji PNS akan disesuaikan dengan beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan.

China, Singapura hingga Amerika Serikat (AS) juga memiliki sistem untuk menggaji para birokratnya. Berikut skema gaji PNS pada tiga negara tersebut:

Di China, nukan hal baru, ketika mendengar adanya keluhan tentang gaji yang rendah di antara 40 juta pegawai di China. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah memperbaikinya dengan meningkatkan gaji untuk para birokratnya.

China akhirnya meningkatkan lebih dari dua kali lipat gaji birokratnya, semula 3.000 yuan menjadi 7.000 yuan.

Namun, peningkatan gaji itu diikuti dengan penambahan beban kerja. Beberapa tunjangan yang biasa nikmati juga berangsur-angsur dihilangkan.

Baca Selengkapnya: Gaji PNS Indonesia Dirombak, Ini Beda dengan China hingga AS

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini