5 Tanda Menjadi Seorang Pemimpin di Perusahaan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 622 2330947 5-tanda-menjadi-seorang-pemimpin-di-perusahaan-XIu0Udo6dI.jpg Tips Karier Menjadi Pemimpin di Perusahaan. (Foto: Okezone.com/Commons)

JAKARTA – Sebuah perusahaan tentu memiliki tujuan yang jelas, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan peran seorang pemimpin untuk mengatur prosesnya.

Pemimpin berperan penting dalam sebuah perusahaan. Tugasnya menetapkan sasaran, menyusun kebijaksanaan, mengorganisasikan karyawan dan mengambil keputusan penting.

Bagi karyawan yang telah bekerja tahunan dan sudah memiliki banyak pengalaman, memiliki kesempatan untuk menjadi leader atau pemimpin. Pada posisi ini, akan dihadapkan dengan lebih banyak tantangan dan berpotensi untuk maju.

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara Kerja Virtual agar HRD Terpikat

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan RI Jakarta, Minggu (20/12/2020), terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda mungkin telah dipersiapkan oleh perusahaan untuk menjadi pemimpin.

1. Rekan Kerja Sering Meminta Bantuan

Jika sering dimintai bantuan oleh rekan kerja, maka itu pertanda baik. Artinya kemampuan yang dimiliki, diakui dan dipercaya oleh rekan kerja. Perlu diingat, alih-alih mengerjakan pekerjaan rekan kerja, lebih baik memberikan penjelasan cara untuk menyelesaikan pekerjaannya tersebut.

Baca Juga: Deg-degan Pertama Kali Interview Kerja, Coba 4 Cara Ini

2. Sering Menjadi Mentor untuk Rekan Kerja

Sering diminta menjadi mentor bagi rekan kerja, artinya dianggap ahli dalam pekerjaan yang dilakukan sekaligus sangat baik pada aspek pengajaran dan mentoring. Setiap orang tidak akan asal-asalan memilih mentor, orang yang dipilih ini pasti disukai dan dianggap berkualitas.

3. Kerap Diundang untuk Brainstorming

Di balik keberhasilan sebuah pekerjaan, ada sekumpulan orang yang meberikan ide-ide dalam diskusi perencanaan. Jika sering diajak melakukan brainstorming, artinya atasan menghargai pendapat Anda.

4. Sering Mendapat “Feedback” Langsung dari Atasan

Mendapatkan feedback dari atasan tentu sangat penting. Bukan hanya pujian atau apresiasi, tapi juga kritikan. Mendapat kritik dari atasan tidak selalu buruk. Atasan memberitahu kesalahan Anda, agar tidak lagi mengulanginya lagi ketika menjadi pemimpin. Maka, dengarkan apapun feedback dari atasan untuk memperbaiki diri.

5. Merasa Lebih Mandiri

Ketika merasa sudah mampu berdiri sendiri dan tidak membutuhkan bantuan orang lain, artinya Anda sudah mandiri. Ini sesuai dengan sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena pemimpin harus mandiri untuk menangani dan menyelesaikan masalah-masalah di perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini