Share

Kilas Balik Proses Panjang Pesawat N219 hingga Tersertifikasi

Iffa Naila Safira, Okezone · Selasa 29 Desember 2020 04:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 320 2335071 kilas-balik-proses-panjang-pesawat-n219-hingga-tersertifikasi-YR9n78ZdlP.jpg Sertifikat Pesawat N219 (Foto: Kemenhub)

JAKARTA - Pesawat N219 resmi mendapat sertifikat dari Kemenhub. Sertifikat diberikan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono kepada Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Persero) atau PTDI, Elfien Goentoro, disaksikan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi di Ruang Mataram, Gedung Kementerian Perhubungan.

Sertifikasi ialah proses terpenting untuk menjamin keamanan dan keselamatan, mengingat pesawat tersebut akan digunakan masyarakat umum.

“Betapa panjang dan rumitnya proses sertifikasi pesawat N219, di antaranya yaitu Document Certification, Conformity Inspection, Laboratory Test, Ground Test, Flight Test System & Performance. Ini akan menjadi kebanggaan bagi Indonesia, untuk pertama kali berhasil menyelesaikan sertifikasi dari pesawat yang sepenuhnya merupakan hasil karya anak bangsa" kata Direktur Teknologi & Pengembangan PTDI, Gita Amperiawan dalam siaran persnya, Senin (28/12/2020).

Dengan selesainya sertifikasi, pesawat N219 diharapkan dapat menjadi awal dari kebangkitan kembali industri dirgantara Indonesia, yang kemudian dapat membantu mengisi kebutuhan penerbangan konektivitas dan perintis di pelosok Indonesia dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara lebih merata.

Baca Selengkapnya: Proses Panjang Pesawat N219 Nurtanio hingga Akhirnya Tersertifikasi

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini