Soal Cabai Dicat Merah, Apa Langkah Kementan?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 320 2336956 soal-cabai-dicat-merah-apa-langkah-kementan-CHuFSXoPod.jpg Cabai (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) sedang melakukan pengecekan terkait kabar ditemukannya fenomena cabai dicat merah yang dilakukan oleh sejumlah oknum di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hal itu untuk memastikan tak ada lagi peredaran dari cabai palsu tersebut.

"Sedang dicek oleh Direktorat Sayuran," kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto kepada Okezone, Kamis (31/12/2020).

 Baca juga: Heboh Cabai Dicat Merah, Pedagang Pasar Minta Satgas Pangan Turun Tangan

Sebelumnya, Ketua Bidang Organisasi DPP IKAPPI Muhammad Ainun Najib menilai kejadian tersebut merupakan sesuatu yang baru. Sebab, dalam dalam lima tahun terakhir tak pernah ditemukan pedagang atau petani nakal yang lakukan hal tersebut.

"Maka kami meminta satgas pangan untuk mengusut permasalahan ini sampai tuntas," kata Ainun kepada Okezone, hari ini.

 Baca juga: Harga Cabai Kian Pedas, Naik 100% Jelang Akhir Tahun 2020

Menurut dia, adanya fenomena itu lantaran kini situasi di lapangan penjualan harga cabai amat mahal. Diketahui, jelang akhir tahun harganya kini naik 100% dari biasanya.

"Apapun itu ini bentuk dari kekecewaan, kekesalan Karena harga cabai sangat tinggi," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya telah mengimbau kepada seluruh anggotanya untuk tak melakukan hal serupa.

"Karena ini mencoreng nama baik pedagang yg pada saat ini makin susah untuk berjualan. Yang kedua ini adalah cara oknum yg tidak bisa di pastikan hanya berada di pasar tapi ini juga memungkinkan berada di ritel lain," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini