Menko Airlangga: Vaksinasi Covid-19 Minggu Depan Setelah Dapat Izin BPOM

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 320 2340388 menko-airlangga-vaksinasi-covid-19-minggu-depan-setelah-dapat-izin-bpom-5XH9VUYJkv.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto; Setkab)

JAKARTA - Jika tidak hambatan vaksinasi akan dilakukan mulai pekan depan di seluruh Indonesia. Pemerintah menargetkan 70 persen masyarakat dapat divaksinasi dalam kurun waktu satu tahun.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Airlangga Hartarto. "vaksinasi insya Allah sesudah mendapatkan perizinan dari BPOM, maka akan dilakukan Minggu depan di seluruh Indonesia. Target dari bapak Presiden dilakukan dalam 1 tahun." kata Airlangga di Jakarta, Kamis (7/1/2021)

 Baca juga: 30 Negara Sudah Mulai Vaksinasi Covid-19, Sri Mulyani: Indonesia Gratis

Ia menjelaskan, dalam vaksinasi ini pemerintah mengejar herd immunity atau keimunan bersama. Untuk mencapai hal itu, 70 persen masyarakat Indonesia harus divaksinasi. sehingga vaksinasi ini sifatnya wajib untuk semua masyarakat.

"Keimunan masal ini bisa terjadi jika 70 Persen masyarakat sudah divaksinasi. Jadi vaksinasi ini nantinya sifatnya wajib dan ini butuh waktu satu tahun." jelasnya.

 Baca juga: YLKI Minta BPOM Tak Gegabah soal Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19

Namun, Airlangga mengingatkan, dalam menunggu herd immunity tersebut masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan. Sebab berdasarkan pantauan pemerintah, pada bulan Desember kedisiplinan masyarakat akan protokol kesehatan terus menurun.

"Sambil kita menunggu keimumnan bersama, tetap kita harus menjaga protokol kesehatan.Karena untuk menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan tidak membahayakan orang lain." tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini