4 Tanda Keuangan Siap Membeli Rumah

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 10 Januari 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 470 2341952 4-tanda-keuangan-siap-membeli-rumah-gCzVWMmvI7.jpg KPR (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Memiliki rumah idaman tentunya menjadi impian setiap orang. Namun memiliki dan membeli rumah bukanlah hal yang bisa di lakukan dalam sekejap. Untuk membeli rumah banyak hal yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu kondisi keuangan.

Jika memaksakan diri untuk membeli rumah tanpa melihat kondisi keuangan terlebih dahulu, maka bisa saja terjadi masalah kedepannya. Lalu bagaimana tanda jika kondisi keuangan sudah mapan untuk membeli rumah?

Melansir dari Real Simple, Minggu (10/1/2021) berikut 4 kondisi keuangan sebelum membeli rumah.

 

1. Punya Uang Muka

Mencari dana untuk membayar uang muka adalah salah satu hambatan utama dalam membeli rumah. Uang muka yang diserahkan biasanya 20% dari harga rumah. Namun beberapa rumah yang dijual mungkin membutuhkan uang muka yang jauh lebih sedikit. Antara tiga sampai lima persen.

Baca Juga: Ingin Investasi Rumah, Ini 5 Cara Naikkan Harganya 

Di rata-rata industri biasanya enam sampai delapan persen. Sehingga uang muka mungkin tidak harus sebesar yang Anda kira, tetapi uang muka yang lebih besar dapat berarti persyaratan hipotek yang lebih baik dan mempermudah pembayaran hipotek Anda lebih awal.

 

2. Nilai Kredit Bagus

Jika memutuskan membeli rumah menggunakan uang pinjaman bank, maka pastikan nilai kredit yang dipunya bagus. Sebab akan membantu menentukan tingkat bunga dan biaya lain yang dibayarkan untuk pinjaman bank.

Nilai kredit merupakan sistem penilaian yang diterapkan perbankan untuk melihat kelayakan atau kemampuan sebagai calon debitur terhadap pinjaman yang diajukan. Nilai kredit yang lebih tinggi pada dasarnya dianggap sangat baik. Dapat membantu mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah. Bisa menghemat uang untuk biaya rumah.


3. Memiliki Simpanan Uang

Memiliki uang simpanan setelah membeli rumah merupakan hal wajib. Bisa digunakan ketika uang utama sudah habis untuk membayar urusan rumah. Masih tersedia uang simpanan yang bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak terduga.

Uang simpanan juga akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti membayar listrik, pajak rumah, asuransi rumah, dan banyak lagi. Siapkan juga dana darurat terpisah, untuk berjaga-jaga.

4. Mendapatkan Pinjaman yang Menguntungkan

Pilihan pinjaman berbeda-beda dan memiliki persyaratan pinjaman, jenis suku bunga, dan jenis pinjaman yang berbeda. Pastikan paham kerugian dan keuntungan dari tiap-tiap jenis pinjaman. Ketahui juga tentang suku bunga pinjaman.

Jika bisa menunggu suku sampai suku bunga turun, mungkin lebih baik memilih dalam jangka panjang. Jika memiliki pemberi pinjaman yang dipercayai dapat bekerja sama dan memberikan suku bunga rendah, artinya bisa membayar lebih sedikit selama masa pinjaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini