Jokowi Kaget Ada yang Mau Investasi di SWF USD20 Miliar

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 320 2345602 jokowi-kaget-ada-yang-mau-investasi-di-swf-usd20-miliar-4izVqVtukK.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) akan segera dibentuk. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap lembaga ini menjadi mitra strategis investasi yang kuat secara hukum dan kelembagaan.

Jokowi mengatakan, pihaknya telah merampungkan penyusunan naskah Peraturan Pemerintah (PP) LPI dan ketika sudah dilaksanakan, diharapkan LPI bisa menjadi solusi pembiayaan dalam pembangunan.

“Yang sudah selesai PP-nya, yaitu LPI atau SWF yang kita namakan INA, Indonesia Investment Authority yang telah kita dirikan. Ini untuk menangkap peluang investasi dan solusi alternatif bagi pembiayaan pembangunan kita,” katanya.

Dirinya mengaku mendapat informasi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa nanti negara akan menginvestasikan awal sebesar USD20 miliar. Jokowi menyebut bahwa nominal itu amat besar dan diharapkan bisa berdampak positif kepada perekonomian Tanah Air.

“Saya tadi bisik-bisik ke Bu Menkeu, awal-awal ini mungkin 1-2 bulan ini target yang masuk ke SWF kita berapa? Dijawab Bu Menkeu ya kira-kira USD20 miliar. Duit yang gede banget,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah akan menyetorkan modal awal tunai sebesar Rp15 triliun dan saham BUMN sebesar Rp50 triliun. Kalau yang tadi USD20 miliar, US Dolar, yang ini rupiah untuk INA.

Baca selengkapnya: Bisikan Sri Mulyani soal Dana SWF ke Jokowi

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini