Share

Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Hampir Penuh, Sri Mulyani Colek Menkes

Rina Anggraeni, Sindonews · Selasa 19 Januari 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 320 2346986 rumah-sakit-rujukan-covid-19-hampir-penuh-sri-mulyani-colek-menkes-uunpNOYSlH.jpg Ruang Isolasi Covid-19 Penuh. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah terus melakukan penanganan kasus pandemi Covid-19 di Tanah Air. Salah satu yang didorong peningkatan kapasitas tempat tidur di beberapa rumah sakit baik daerah maupun pusat.

"Kita sudah melihat beberapa daerah mengalami peningkatan dan oleh karena itu kebutuhan ruang isolasi dan juga ruang perawatan menjadi meningkat," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Beri Utang Rp18,7 Triliun untuk 21 Pemda

Dirinya pun sudah berkoordinasi degan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit baik BUMN, swasta, dan rumah sakit daerah lainnya agar memberikan tambahan kapasitas untuk tempat tidur bagi perawatan pasien Covid-19.

"Penanganan Covid dan untuk membantu masyarakat serta dunia usaha yang menghadapi kondisi yang luar biasa," katanya.

Baca Juga: Ruang ICU Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Bekasi Penuh

Selain itu, pemerintah juga bakal memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat bagi pasien gejala ringan dan tanpa gejala. Sedangkan untuk pasien gejala ringan dan tanpa gejala dapat dirujuk turun ke fasilitas isolasi terpusat misalnya di Wisma Atlet asrama haji, gedung diklat, hotel-hotel dan lain-lain.

Di samping itu pemerintah juga akan menambah jumlah tenaga kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia. Setidaknya 8.572 tenaga kesehatan akan diperbantukan di 148 fasilitas kesehatan yang tersebar di tanah air

"Kita memanfaatkan fasilitas isolasi bagi mereka yang gejala ringan dan tanpa gejala," tandasnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi mengklaim Ruang Intensive Care Unit (ICU) di Kota Bekasi khusus pasien Covid-19 penuh. Penyebabnya, banyak warga Bekasi yang terpapar Covid-19 melonjak drastis setelah sepekan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi Rina Oktavia mengatakan, 85 tempat tidur pada ruang ICU yang tersebar di seluruh rumah sakit penuh.”Dari 85 TT (tempat tidur) ruang ICU yang ada, tidak ada yang kosong dan terisi penuh akibat lonjakan warga yang terpapar,” katanya.

Selain ruang ICU yang penuh, Rina juga menyebut sebagian besar tempat tidur untuk isolasi juga sudah terisi. Di Kota Bekasi, terdapat 1.492 tempat tidur khusus isolasi di seluruh rumah sakit dan RSD yang sudah terisi. Sementara sisa tempat tidur isolasi yang masih kosong sebanyak 113 unit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini