Jack Ma Akhirnya Muncul ke Publik Setelah Berbulan-bulan Menghilang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 455 2347795 jack-ma-akhirnya-muncul-ke-publik-setelah-berbulan-bulan-menghilang-RvTGwcHDWE.jpeg Jack Ma (Foto: China News Service)

JAKARTA - Founder Alibaba Jack Ma kembali muncul ke publik setelah mantan guru Bahasa Inggris tersebut sempat dikabarkan menghilang sejak Oktober 2020 lalu.

Jack Ma muncul setelah tersebar videonya dalam media sosial di China. Dia nampak sedang berbicara dengan guru-guru di sebuah pedesaan dalam acara amalnya, Jack Ma Foundation.

"Jack Ma berpartisipasi dalam upacara online acara tahunan Pedesaan Pengajar Inisiatif pada tanggal 20 Januari," kata juru bicara Yayasan Jack Ma seperti dilansir CNBC, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Misteri Jack Ma Menghilang Mulai Terkuak, Ini Kabar Terbarunya 

Kemunculan Ma ke publik mempengaruhi perusahaannya. Saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong naik 8%.

Seperti diketahui, seorang wirausahawan karismatik itu tak dapat dipungkiri bahwa popularitasnya memang sudah mendunia. Namun, kini salah satu pendiri Alibaba diduga akan menghadapi risiko bisnis yang sangat besar setelah dia mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai.

Saat itu, firma teknologi keuangan Ma, Ant Group sedang mempersiapkan penawaran umum perdana terbesar di dunia, dia menuduh pihak berwenang menahan inovasi dan mengecam bank-bank negara itu karena memiliki mentalitas "pegadaian".

Pemerintah China pun langsung merespons pernyataan Ma tersebut dengan membatalkan IPO, tetapi tidak memanggil eksekutif Ma dan Ant ke dalam rapat. Dalam beberapa minggu sejak itu, regulator telah memerintahkan Ant untuk merestrukturisasi sebagian besar perusahaan. Mereka bahkan memperluas pengawasan mereka ke Alibaba, yang sekarang menjadi subjek investigasi antitrust.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini