BCA Digugat Sri Bintang Pamungkas, Diminta Ganti Rugi Rp10 Miliar

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 278 2350663 bca-digugat-sri-bintang-pamungkas-diminta-ganti-rugi-rp10-miliar-hg7jjYkH5j.jpg Hukum (Foto: Ilustrasi Reuters)

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) digugat aktivis Sri Bintang Pamungkas ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Bank swasta terbesar di Tanah Air digugat untuk membayar ganti rugi sebesar Rp10 miliar.

Dalam petitum yang dikutip Senin (25/1/2021), BCA bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta II menjadi tergugat. Sri Bintang meminta hakim untuk menghukum tergugat.

Baca Juga: Terlibat Penggelapan Dana, BCA Blokir Rekening E-Commerce

Sri Bintang sebelumnya telah mengajukan gugatan kepada BCA dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta II dengan nomor pendaftaran 22/Pdt.G/2021/PN JKT.SEL, Senin 4 Januari 2021. Sidang perdana digelar pada 1 Februari 2021.

Baca Juga: Layar ATM Bisa Diintip, BCA Beri Penjelasan

Gugatan tersebut muncul usai Serifikat Persil Wilis dengan atas nama istri Sri Bintang, Ernalia berada dalam penguasaan BCA. Seharusnya, hak itu berakhir pada 2016. Sri Bintang juga meminta hakim untuk membatalkan perjanjian perpanjangan kredit tergugat. Dia mengklaim, perjanjian tersebut tanpa pemberitahuan, kehadiran, dan persetujuan tergugat.

Dalam gugatannya, Sri Bintang meminta uang ganti rugi Rp10 miliar. Dia mengaku kehilangan aset dengan harga murah untuk membayar utang debitor Rp2 miliar, hilangnya kesempatan selama penantian kembalinya sertifikat persil wilis Rp5 miliar, dan biaya materiil dan bukan-materiil selama persidangan Rp3 miliar.

Selain itu, Sri Bintang menuntut sita jaminan (revindicatoir beslag) sekaligus pembatalan lelang sertifikat persil wilis pada 5 Januari lalu. Demi melindungi hak tergugat, dia juga meminta sita jaminan kepada hakim atas Gedung Menara BCA di Jalan MH Thamrin, Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini