Mau Konsolidasi Utang, Begini Caranya

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 622 2352339 mau-konsolidasi-utang-begini-caranya-qZGuYsRrJc.jpg Cara Konsolidasi Utang. (Foto: Okezone.com/Shuttertock)

JAKARTA – Banyak cara dipilih untuk mempermudah pelunasan utang, salah satunya dengan konsolidasi. Konsolidasi utang dapat memudahkan seseorang dalam melakukan pelunasan utang.

Dengan cara ini, utang bisa lebih mudah dilunasi yang bisa dilakukan dengan berbagai jenis/metode yang digunakan.

Dilansir dari The Balance, Jakarta, Kamis (28/1/2021), ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengkonsolidasikan utang. Pilihannya mungkin terbatas tergantung pada jenis utang, status kredit, dan aset real estat apapun yang dimiliki seseorang.

1. Transfer Saldo Kartu Kredit

Kartu kredit dengan batas kredit tinggi dan tingkat bunga promosi pada transfer saldo adalah kandidat yang baik untuk menggabungkan saldo kartu kredit dengan suku bunga tinggi lainnya ke dalam satu akun.

Baca Juga: 4 Tips Aman Gadaikan Barang untuk Modal Usaha

Menggabungkan saldo di bawah tingkat bunga yang lebih rendah dari tingkat rata-rata saldo yang ada memungkinkan seseorang menghemat uang untuk bunga dan membayar untuk satu kartu kredit, bukan beberapa.

Transfer saldo biasanya tidak dihitung dalam bonus uang tunai, poin, atau miles perkenalan yang ditawarkan kartu.

2. Pinjaman Konsolidasi Utang

Pemberi pinjaman sering menawarkan pinjaman "konsolidasi hutang" yang cenderung merupakan pinjaman pribadi tanpa jaminan yang dirancang khusus untuk melunasi utang.

Baca Juga: Apa Itu Konsolidasi Utang? Intip Ulasannya di Sini

Pinjaman konsolidasi hutang biasanya memiliki tingkat bunga tetap dan periode pembayaran untuk jangka waktu pembayaran yang lebih stabil.

3. Konsolidasi Pinjaman Pelajar

Pinjaman ini secara khusus untuk mengkonsolidasikan beberapa saldo pinjaman siswa menjadi satu pinjaman dengan pembayaran bulanan tunggal.

Ini dapat bermanfaat jika memiliki beberapa pinjaman pelajar dengan layanan yang berbeda. Konsolidasi pinjaman ini tersedia untuk pinjaman swasta dan federal.

4. Pinjaman Ekuitas Rumah dan Batas Kredit

Pinjaman ekuitas rumah dan jalur kredit biasanya memungkinkan seseorang meminjam hingga 80% -85% dari ekuitas rumahnya. Opsi pinjaman memungkinkan untuk mengambil sejumlah uang yang dibayarkan melalui pembayaran tetap selama jangka waktu tertentu.

Jalur kredit ekuitas rumah (HELOC) mirip dengan kartu kredit di mana seseorang memiliki akses ke uang kapanpun dia membutuhkannya dan hanya membayar bunga atas uang yang sebenarnya dipinjam.

Berhati-hatilah, pembayaran serangkaian biaya perlu dilakukan untuk menyelesaikan HELOC. Kemudian uang dari pinjaman atau jalur kredit akan diambil dan melunasi hutang yang ada, baik kartu kredit, pinjaman pribadi, atau uang pinjaman lainnya.

Pinjaman ekuitas rumah dan jalur kredit mengharuskan menggunakan rumah sebagai jaminan. Jika tidak membayar pinjaman atau batas kredit kembali, seseorang bisa kehilangan rumah karena penyitaan.

5. Pembiayaan Kembali Hipotek Tunai

Pembiayaan kembali tunai adalah jenis pembiayaan kembali hipotek di mana akan mendapatkan hipotek baru yang melebihi jumlah utang pada hipotek pertama.

Hipotek baru melunasi yang lama dan bisa mengantongi selisihnya melalui uang tunai. Uang ini dapat digunakan uang untuk melunasi hutang yang ada, dengan asumsi apa yang disetujui untuk menutupi saldo kartu kredit dan pinjaman.

Sebagai pengingat, pembayaran kembali uang tunai biasanya disertai dengan biaya penutupan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini