Cek Dulu Perbedaan Utang dan Piutang Sebelum Mulai Bisnis

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 455 2353864 cek-dulu-perbedaan-utang-dan-piutang-sebelum-mulai-bisnis-XCk35tVACz.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Perbedaan utang dan piutang masih banyak yang belum memahami. Padahal, dua hal ini sangat erat hubungannya dengan dunia bisnis.

Mungkin bagi yang baru terjun dalam dunia bisnis akan sedikit bingung dengan 2 istilah tersebut. Dalam bisnis, perlu membeli barang secara kredit, dan perlu juga menjual barang secara kredit. Ketika membeli secara kredit, perlu melunasi sejumlah uang kepada kreditor. Jumlah utang sebagai bisnis kepada kreditor disebut utang usaha.

 Baca juga: Pengertian Utang Beserta Jenis-jenisnya

Sebaliknya, jika menjual secara kredit, maka akan menerima jumlah tertentu setelah beberapa lama dari debitur. Jumlah yang akan diterima ini disebut piutang.

Keduanya penting untuk bisnis karena keduanya membantu bisnis mengetahui berapa banyak bisnis perlu membayar dan berapa banyak bisnis akan menerima.

 Baca juga: Apa Itu Konsolidasi Utang? Intip Ulasannya di Sini

Melansir dari Wall Street Mojo, Minggu (31/1/2021) berikut perbedaan utang dan piutang dalam usaha.

- Utang adalah uang tunai yang harus dibayarkan kepada kreditor untuk pembelian bahan mentah atau jasa. Piutang adalah kas diterima untuk penjualan yang dilakukan secara kredit.

- Utang adalah jumlah hutang perusahaan kepada pemasok. Piutang adalah jumlah yang harus dibayar oleh pelanggan perusahaan.

- Utang dibuat karena pembelian bahan secara kredit. Piutang dibuat karena penjualan barang dan jasa.

- Utang menyebabkan penurunan arus kas. Piutang menyebabkan peningkatan arus kas

- Utang dicatat sebagai kewajiban. Piutang dianggap sebagai aset.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini