Tes Swab Antigen Gratis saat PPKM Skala Mikro

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 320 2358734 tes-swab-antigen-gratis-saat-ppkm-skala-mikro-im4Y95OoE1.jpg Swab Antigen (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan membebaskan pungutan biaya tes swab antigen dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan menyiapkan swab test antigen secara gratis kepada masyarakat di desa atau kelurahan mulai esok hari.

 Baca juga: Lakukan Perjalanan Selama PPKM Mikro, Cek Dulu Deh Aturan Mainnya

“Untuk meningkatkan pelaksanaan 3T tersebut, maka untuk testing, akan dilakukan swab test antigen secara gratis kepada masyarakat di desa atau kelurahan,” kata Airlangga dalam video virtual, Senin (8/2/2021).

Kata dia, Swab test Antigen gratis ini akan disediakan oleh Kementerian Kesehatan. Di mana, dengan menggunakan fasilitas kesehatan dan puskesmas di wilayah masing-masing.

 Baca juga: Lakukan Perjalanan Selama PPKM Mikro, Cek Dulu Deh Aturan Mainnya

Lalu, pemerintah akan melakukan penelusuran dan pelacakan lebih intensif di setiap desa atau kelurahan. Dengan menggunakan tracer dari Babinsa atau Bhabinkamtibmas yang telah dididik sebagai tracer oleh Kementerian Kesehatan.

“Sedangkan untuk treatment, pelaksanaan isolasi mandiri, isolasi terpusat, perawatan di fasilitas kesehatan yang dikoordinasikan oleh Pos Jaga Desa atau kelurahan,” bebernya.

Pemerintah memastikan penerapan PPKM mikro yang berlangsung hingga Senin (22/2) ini akan mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah pusat. Monitoring dan evaluasi dilakukan antara satuan tugas (satgas) Covid-19 level pusat bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) dengan Kementerian Kesehatan yang turut melibatkan kementerian/lembaga terkait.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini