Sukanto Tanoto, Miliarder Indonesia Dikabarkan Beli Bekas Istana di Jerman Rp5,9 Triliun

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 470 2361860 sukanto-tanoto-miliarder-indonesia-dikabarkan-beli-bekas-istana-di-jerman-rp5-9-triliun-TpevtFHlrS.jpg Sukanto Tanoto (Forbes)

JAKARTA - Miliarder asal Indonesia Sukanto Tanoto dan anaknya Andre dikabarkan memiliki kepemilikan gelap atas gedung-gedung mewah di luar negeri. Salah satunya, bangunan bekas istana raja Jerman di Munich dengan harga 350 juta euro atau Rp5,93 triliun (Rp16.936 per Euro).

Kabar tersebut baru-baru ini tersebar melalui laporan dokumen investigasi Open Lux yang menyisir data-data perbankan Luxembourg. Terutama dugaan pengemplang pajak para miliarder dunia.

Investigasi tersebut merupakan kolaborasi jurnalis internasional yang juga pernah mengungkap skandal Panama Papers. Kini, laporan tersebut lebih ke data kepemilikan para orang kaya di dunia.

Mengutip website OCCRP, Jakarta, Minggu (14/2/2021), penyelidikan oleh OCCRP dan mitranya Süddeutsche Zeitung di Jerman, menunjukkan bagaimana miliarder itu membeli salah satu bangunan paling bergengsi di Munich secara diam-diam dalam kesepakatan senilai hampir 350 juta euro.

Baca Selengkapnya: Miliarder Sukanto Tanoto Dikabarkan Beli Bekas Istana Raja di Jerman Rp5,9 Triliun

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini