4 Cara Menanam Sayuran Organik

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 455 2370864 4-cara-menanam-sayuran-organik-s6jGw92kqZ.jpg Cara Menanam Sayuran Organik. (Foto: Okezone.com/Unnes)

JAKARTA - Cara menanam sayuran organik saat ini menjadi salah satu kegiatan yang banyak masyarakat lakukan selama pandemi. Sayuran organik pun bermanfaat pada kesehatan.

Nah, mengingat manfaatnya yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, tak ada salah mencoba menanam sayuran organik.

Dikutip dari akun Instagram Kementerian Pertanian, berikut langkah-langkah untuk membudidayakan sayuran organik di perkarangan rumah:

Baca Juga: Ide Gila Miliarder Charlie Munger Hasilkan Uang

1. Memilih bibit yang berkualitas

Benih-benih yang berkualitas dapat ditemukan di toko benih dengan jaminan persentase tubuh yang tinggi. Kemudian penyemaian dapat dilakukan dengan merendam benih ke dalam air terlebih dahulu. Biji yang terendam adalah biji yang berkualitas, sedangkan yang terapung dapat dibuang.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Kurir? Perhatikan 4 Hal Berikut

2. Memilih media tanam yang mudah didapat

Siapkan media semai tray atau polybag. Aduk rata campuran tanah, pupuk organik, dan sekam (rasio 2:1:1) dan masukan ke dalam tray atau polybag. Sebar benih di atas traya atau polybag, lalu tambahkan tanah campuran sedikit saja.

3. Menggunakan nutrisi secara efisien

Penanaman bibit dilakukan pada kondisi lahan tanam yang sudah terpupuki dan disiram dengan baik, sehingga tanah sudah gembur dan sedikit lembab. Lalu, setelah benih bertunas dan memiliki ukuran 3-6 cm, maka bibit tersebut sudah layak untuk ditanam.

4. Gunakan barang atau peralatan daur ulang yang mudah didapat

Agar tanaman tumbuh subur, lakukan penyiraman awal dengan menggunakan campuran air dan pupuk cair selama 7 hari setelah masa tanam. Maka selanjutnya dapat menggunakan air biasa hingga masa panen. Pemupukan dilakukan 1x/2-3 minggu. Gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini