Maknai Benci Produk Asing, Menperin: Siapkan Produksi dalam Negeri

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372551 maknai-benci-produk-asing-menperin-siapkan-produksi-dalam-negeri-TfU7ZQkwCj.jpg Menperin Agus Gumiwang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta seluruh pemangku kepentingan mengkampanyekan cinta produk Indonesia. Jokowi juga menggaungkan benci produk asing.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengartikan apa yang disampaikan oleh Jokowi itu untuk mempersiapkan produk dalam negeri.

Baca Juga: Benci Produk Asing, Menkop: Peluang Besar pada Produk Lokal

"Apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden. kalau dalam artian atau dalam kacamata Kementerian Perindustrian yang disampaikan oleh Bapak Presiden perintahnya adalah siapkan produksi dalam negeri," kata Agus dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 secara virtual, Kamis (4/3/2021).

Untuk mencapai hal itu, kata Agus, semua instrumen kebijakan harus mengarah ke situ. Agus pun mengungkapkan salah satu keberhasilannya dalam meningkatkan produksi dalam negeri dan menekan importasi di industri logam.

Baca Juga: Alasan Presiden Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing

"Salah satu sektor yang kami berhasil tangani adalah logam. Di mana importasinya turun tapi di sisi yang lain kesiapan dari industri dalam negerinya untuk mengisi produk-produk yang biasanya diimportasi itu, itu bisa siap" terangnya.

Saat ini, berdasarkan data Kemenperin rata-rata utilisasi industri logam sudah tinggi yaitu sebesar 70 persen. Dengan begitu diharapkan bisa mengurangi ketergantungan impor.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini