Menko Airlangga Targetkan 1 Juta Masyarakat Divaksin per Hari

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 320 2374742 menko-airlangga-targetkan-1-juta-masyarakat-divaksin-per-hari-ij204JRbn3.jpg Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone.com/Kemenko)

JAKARTA - Pemerintah menargetkan program vaksinasi selesai pada akhir tahun ini. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato menargetkan satu juta masyarakat mendapat vaksin dalam waktu sehari.

Hal ini dilakukan agar 182 juta masyarakat segera dilakukan vaksinasi.

Baca Juga: Perdana, 1,1 Juta Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia

"Arahan Bapak Presiden 182 juta masyarakat yang di luar usia 19 tahun ke bawah dilakukan vaksinasi secara keselruhan. Akhir tahun ini semuanya bisa di vaksininasi dan rate vaksinasi sekarang ini sekitar 160 ribuan dan target berikutnya 1 juta per hari. Harus seimbang ketersedian vaksin dan vaksinator," ujar Airlangga dalam video virtual, Selasa (9/3/2021).

Kata dia, peningkatan pelaksanaan 3T harus dilakuka. Di antaranya Testing seperti swab-test Antigen secara gratis untuk masyarakat di desa/kelurahan, yang difasilitasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menggunakan Faskes dan Puskesmas di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Tak Cuma PNS, Pelaku UMKM Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

Lalu, tracing seperti penelusuran dan pelacakan intensif di desa atau kelurahan, dengan menggunakan tracer dari Babinsa.

Serta, treatment dengan laksanaan isolasi mandiri dan terpusat, perawatan di Faskes yang dikoordinasikan oleh Pos Jaga Desa/Kelurahan.

"Strategi Akselerasi 3T juga dikedepankan untuk menangani pandemi di tahun ini," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini