Ekonomi Syariah Global Berkembang Pesat termasuk di Negara Non Muslim

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376531 ekonomi-syariah-global-berkembang-pesat-termasuk-di-negara-non-muslim-4aThQEyaZo.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan ekonomi dan keuangan syariah global berkembang sangat cepat. Hal ini ditandai dengan pertumbuham ekonomi dan keuangan syariah di berbagai negara di belahan dunia.

Menurut Wakil Presiden, pertumbuhan dan sebaran warga muslim dunia semakin mempercepat kemajuan ekonomi syariah. Sehingga ekonomi dan keuangan syariah saat ini mulai berkembang di negara non muslim.

Baca Juga: Ada Insentif Pajak Pengelolaan Dana Haji, Ekonomi Syariah Makin Berkembang

“Ekonomi syariah saat ini berkembang pesat di dunia. Pertumbuhan dan sebaran warga muslim dunia mempercepat kemajuan ekonomi syariah di berbagai negara termasuk negara non muslim,” ujarnya dalam acara Webinar Forum Forum Nasional Keuangan Syariah, Jumat (12/3/2021).

Menurut Ma’ruf Amin, saat ini jumlah masyarakat muslim di seluruh dunia mencapai 1,9 miliar. Angka tersebut masih bisa terus bertambah seiring dengan penambahan jumlah penduduk dunia setiap tahunya.

Baca Juga: Jurus Ma'ruf Amin Perkuat Ekonomi Syariah dengan Kawasan Industri Halal

“Masyarakat muslim dunia yang mencapai 1,9 miliar orang menjadi potensi pasar yang besar terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan dara State of The Global Islamic Economic Report 2020 masyarakat muslim di seluruh dunia membelanjakan lebih dari USD2,02 triliun pada 2019 tumbuh 32% dari tahun sebelumnya. Di tahun-tahun mendatang, belanja masyarakat muslim ini akan terus tumbuh seiring dengan berkembangnya perekonomian di sejumlah negara.

“Kebutuhan produk-produk dan jasa berbasis syariah yang juga terus meningkat mulai dari makanan, produk farmasi, kosmetika, fesyen dan pariwisata yang berbasis syariah atau halal,” kata Ma’ruf Amin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini