Bangun Ekosistem Ekonomi Syariah, Sri Mulyani: Harus Bernafaskan Islam

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376543 bangun-ekosistem-ekonomi-syariah-sri-mulyani-harus-bernafaskan-islam-PIxNis8BOe.png Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan meningkatkan perkembangan ekonomi syariah. Adapun, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan peningkatan ekonomi syariah harus bernafaskan Islam

"Peningkatan literasi ekonomi memiiki peran sangat penting membangun ekosistem bernafaskan keislaman," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Ekonomi Syariah Global Berkembang Pesat termasuk di Negara Non Muslim

Kata dia, pemerintah memberikan dukungan pengembangan ekonomi syariah yang mana nilai dasarnya sama mewsujudkan keadilan dan kesejahteraan yang sama.

"Salah satu wujud dalam membangun ekonomi Indonesia yang berbasis syariah," jelasnya.

Baca Juga: Ada Insentif Pajak Pengelolaan Dana Haji, Ekonomi Syariah Makin Berkembang

Dia pun menambahkan kinerja industri keuangan syariah lebih stabil dari konvensional di tengah pandemi virus Covid-19. Bahkan, industri keuangan syariah berhasil tetap tumbuh positif di tengah wabah.

Hal ini terjadi khususnya pada kinerja industri perbankan yang tercermin dari fungsi intermediasi para bank syariah.

"Intermediasi perbankan nasional yang cenderung mengalami penurunan, namun kinerja perbankan syariah justru stabil dan tumbuh lebih tinggi dibandingkan perbankan konvensional," tandasnya

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan ekonomi dan keuangan syariah global berkembang sangat cepat. Hal ini ditandai dengan pertumbuham ekonomi dan keuangan syariah di berbagai negara di belahan dunia.

Menurut Wakil Presiden, pertumbuhan dan sebaran warga muslim dunia semakin mempercepat kemajuan ekonomi syariah. Sehingga ekonomi dan keuangan syariah saat ini mulai berkembang di negara non muslim.

“Ekonomi syariah saat ini berkembang pesat di dunia. Pertumbuhan dan sebaran warga muslim dunia mempercepat kemajuan ekonomi syariah di berbagai negara termasuk negara non muslim,” ujarnya dalam acara Webinar Forum Forum Nasional Keuangan Syariah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini