Belajar dari Amazon dan Alibaba, Harta Bom Kim Tembus Rp160 Triliun

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 13 Maret 2021 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 455 2376737 belajar-dari-amazon-dan-alibaba-harta-bom-kim-tembus-rp160-triliun-atPXp1ttpO.jpg Founder Coupang Bom Kim. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - E-commerce asal Korea Selatan, Coupang, menjadi perusahaan rintisan paling bernilai di negaranya dan membuat pendirinya, Kim, menjadi orang terkaya ketiga di Korea Selatan setelah sahamnya meluncur di pencatatan perdana di Bursa Efek New York.

Coupang didirikan pada tahun 2010 oleh Kim yang berpendidikan Harvard dengan model bisnis yang mirip dengan Groupon yang berbasis di Chicago. Coupang telah mengubah model bisnisnya menjadi Amazon atau Alibaba Korea Selatan.

“Mereka mengambil pembelajaran global [dari Amazon dan Alibaba] dan hasilnya luar biasa,” kata Eric Kim, mitra pengelola perusahaan modal ventura Goodwater Capital, dilansir dari Forbes.

Perusahaan ini sekarang memiliki lebih dari 100 pusat pemenuhan di 30 kota dan kru yang terdiri dari 15.000 pengemudi tetap. Itu memungkinkan Coupang menjamin pengiriman hari berikutnya untuk pesanan yang dilakukan sebelum tengah malam. Menurut perusahaan, 70% populasi Korea tinggal dalam jarak 7 mil dari pusat logistik Coupang.

Baca selengkapnya: Kekayaan Pemilik Coupang Tembus Rp160 Triliun, Kini Dekati Bos Samsung

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini