Wamendag Ajak Pelajar di Luar Negeri Kenalkan Produk Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 320 2383283 wamendag-ajak-pelajar-di-luar-negeri-kenalkan-produk-indonesia-pCT1t5jsky.jpg Bangga Produk Dalam Negeri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wamendag Jerry Sambuaga mengajak para pelajar Indonesia menjadi duta produk Indonesia di luar negeri. Menurutnya pasar ekspor yang demikian luas bisa ditembus jika semua elemen masyarakat Indonesia, termasuk pelajar juga turut berpartisipasi.

PPI Dunia tersebar di sekitar 57 negara yang mencakup hampir semua benua. Mereka sering terlibat dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah baik melalui Kedutaan Besar RI maupun lewat kementerian.

Oleh karena itu, dirinya ingin agar supaya mereka terlibat aktif pula dalam pemasaran produk Indonesia. Selain dengan menjadi duta produk, pelajar-pelajar juga bisa memberikan informasi mengenai segala hal tentang negara di mana mereka tinggal guna pengembangan pemasaran produk.

Baca Juga: Wamendag: Bangga Produk Lokal, Kita Mulai dari Diri Sendiri

“Perdagangan itu kan multi aspek. Banyak sisi yang berpengaruh, baik itu sosial, politik termasuk aspek-aspek ekonomi itu sendiri. Jadi siapapun sebenarnya bisa memberikan informasi mengenai kemungkinan perluasan pemasaran produk Indonesia, meskipun dengan informasi yang tidak langsung berkaitan dengan perdagangan itu sendiri,” kata Wamendag, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Oleh karena itu, menurut Jerry, dalam menuntut ilmu, ada baiknya para pelajar mempelajari negara yang bersangkutan agar bisa membantu atase-atase dan ITPC perdagangan menangkap perilaku konsumen dan peluang-peluang yang ada. Hal ini berlaku baik di negara-negara tradisional tujuan ekspor Indonesia maupun pasar-pasar potensial seperti di Afrika, Eropa Timur dan Amerika Selatan.

Perdagangan luar negeri Indonesia mencapai rekor surplus pada tahun 2020 dengan capaian sekitar USD20 miliar. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2012. Pada tahun 2021, strategi perluasan ekspor diarahkan untuk meneruskan yang telah dilakukan seperti melalui penyelesaian perjanjian-perjanjian perdagangan dan promosi melalui berbagai pameran dagang.

Baca Juga: Bangga Buatan Indonesia, Wamendag Pamer Jam Tangan hingga Sepatu Buatan Lokal

Di samping itu, pemerintah juga ingin memastikan kelancaran bahan baku agar Indonesia bisa menjaga dan meningkatkan posisi dalam global supply chains.

Salah satu fokus yang ingin dikembangkan dalam ekspor Indonesia adalah peran UMKM. Bagi Jerry, dalam bidang ini pelajar Indonesia bisa menjadi duta sekaligus pelaku dalam pengembangannya.

Teknologi informasi yang demikian cepat bisa menjadi alternatif baru untuk mengembangkan produk-produk digital yang pasarnya diyakini akan terus berkembang. Dengan kreatifitas generasi muda Indonesia yang sudah dikenal, Jerry yakin banyak hal yang bisa diciptakan dan dikomersialisasikan.

“Integrasi metode operasi produksi tradisional dengan digital akan makin meningkat. Ini menjadi peluang bagi para pelajar untuk bisa mengambil peran,” tambah Jerry.

Sesuai dengan visi Presiden, Jerry bertekad untuk mendorong transformasi industri Indonesia menuju Industri 4.0. ini juga diharapkan bisa diterapkan dalam pengembangan perdagangan UMKM.

Dia meyakini bahwa banyak potensi di daerah yang bisa diolah. Dengan dukungan digitalisasi dan modernisasi alat serta pemasaran yang baik, potensi-potensi itu bisa menjadi kompetitif di pasar Internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini