Share

Kilang Balongan Terbakar dan Meledak, Dirut Pertamina: Tak Usah Panik

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 320 2385795 kilang-balongan-terbakar-dan-meledak-dirut-pertamina-tak-usah-panik-caKEUj5gnj.jpg Kilang Pertamina Balongan Kebakaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan pasokan BBM aman, meski terjadi insiden kebakaran pada tangki T-301G di Kilang Pertamina Balongan, 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

Dalam pola suplai ini, Pertamina memiliki skenario dalam kondisi ketika harus beroperasi secara darurat.

Baca Juga: SKK Migas: Petronas Temukan Cadangan Minyak di Madura

"Kami mengoptimalkan produk dari kilang-kilang lain dan kami akan salurkan langsung ke daerah-daerah yang selama ini disuplai dari balongan yaitu Jakarta dan Cikampek," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Nicke menegaskan bahwa tidak ada kendala dalam suplai BBM karena kilang atau processing plant dalam kilang ini tidak terdampak.

Baca Juga: Exxon Tutup Kilang Minyak, Ada Apa?

"Jadi kami pastikan sekali lagi kepada masyarakat tidak ada kendala dalam suplai BBM ini karena sebetulnya kilang atau processing plant yang utama, equipment utama dalam kilang ini tidak terdampak. Jadi kebakaran hanya di daerah tangki saja," tegasnya.

Dia berharap kilang bisa segera beroperasi kembali setelah melakukan pemadaman sehingga tidak ada kendala dalam pasokan suplai ke masyarakat. "Kami mohoh masyarakat tidak perlu panik karena pasokan aman dan lancar," tuturnya.

Dia menuturkan, kondisi terkini api telah dapat dilokalisir dan api dipastikan tidak akan menjalar ke daerah lain. Untuk mencegah api menjalan ke daerah lain, Pertamina melakukan pendinginan di area sekitar.

"Untuk penanganan ini ada 10 mobil pemadam kebakaran yang kita operasikan. Pemadam kebakaran ini dari Pertamina Group dan juga Pemerintah daerah Cirebon dan Indramayu," ungkapnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini