Exxon Tutup Kilang Minyak, Ada Apa?

Antara, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 320 2359684 exxon-tutup-kilang-minyak-ada-apa-6M76r2ph9x.jpg Kilang (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - ExxonMobil Corp akan menutup kilang Altona yang berusia 72 tahun di Australia, kilang terkecil di negara itu dan mengubahnya menjadi terminal impor bahan bakar karena kilang kesulitan dengan permintaan yang rendah.

Keputusan perusahaan minyak AS itu akan meninggalkan Australia dengan hanya dua kilang, setelah BP Plc memutuskan untuk menutup fasilitasnya di Kwinana pada April. Sementara itu, Ampol Ltd masih meninjau masa depan kilangnya di Lytton.

“Keputusan ExxonMobil untuk menutup kilang Altona di Victoria sangat mengecewakan,” kata menteri energi dan pengurangan emisi Australia Angus Taylor dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Antara, Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Sempat Jadi Perusahaan Terbesar Dunia, Kini Exxon 'Ditendang' dari Dow Jones

Penguncian dan pembatasan global pada perjalanan internasional karena pandemi virus corona telah memangkas permintaan, membuat kilang minyak bergulat dengan kerugian. Exxon mengatakan mengambil keputusan karena tidak lagi ekonomis untuk melanjutkan kilang.

Australia telah menawarkan paket keamanan bahan bakar senilai 2,3 miliar dolar Australia (1,8 miliar dolar AS) untuk mengatasi kesulitan keuangan yang dihadapi kilang. Hanya Viva Energy, operator dari apa yang akan menjadi kilang minyak terbesar yang tersisa di Australia pada April, yang menerima.

Taylor mengatakan penutupan kilang Exxon tidak akan berdampak negatif pada kepemilikan bahan bakar Australia. Kilang Altona mempekerjakan sekitar 300 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini