Rampung Desember, Tol Cisumdawu Hubungkan Bandung-Bandara Kertajati

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 320 2386060 rampung-desember-tol-cisumdawu-hubungkan-bandung-bandara-kertajati-xDzFZHdNOx.jpg Bandara Kertajati. (Foto: Okezone.com/AP 2)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa tol yang menghubungkan Bandung dan Kertajati yakni Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan rampung pada Desember tahun ini. Dia mengatakan bahwa adanya tol ini akan mempermudah akses menuju Bandara Kertajati.

“Kertajati sebagai suatu bandara akan menjadi lengkap, karena Tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati akan selesai di Desember 2021. Artinya pergerakan penumpang di Kertajati akan menjadi lebih baik pada saat setelah Desember 2021,” katanya dalam konferensi persnya, di Kantor Presiden, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Hati-Hati! Ada Pekerjaan Erection Highmast di Tol Kunciran Cengkareng

Pada kesempatan itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa saat ini Bandara Kertajati memang belum berfungsi optimal karena masih menunggu pembangunan tol Cisumdawu.

“Bandara Kertajati hari ini belum berfungsi optimal karena akses Cisumdawu yakni jalan tol dari Bandung ke Bandara belum selesai. Tapi disampaikan oleh Pak Menteri PUPR Alhamdulillah, Insya Allah mohon doanya Desember 2021 akan terhubung,” ujarnya.

Baca Juga: Terkendala Pembebasan Lahan, Pembangunan Tol Cisumdawu Jalan Terus?

Menurutnya hal ini akan semakin mendorong perkembangan perekonomian di kawasan tersebut.

“Setelah Cisumdawu Desember selesai maka bandara dan kawasannya akan berkembang pesat dan menyumbang regionalitas kawasan Rebana insya Allah 2022 pertumbuhan luar biasa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Anggota BPJT Unsur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin mengatakan, meskipun terkendala lahan, pembangunan tol Cisumdawu akan tetap dilanjutkan pengerjaannya. Hanya saja, mengenai pembebasan lahan nantinya akan diurus oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun pembangunan tol Cisumdawu ditargetkan bisa rampung dan beroperasi pada tahun ini. Dengan beroperasinya tol Cisumdawu diharapkan bisa mendukung operasional dari Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

“Kalau masalah lahan saya (BPJT) enggak tahu, itu kewenangan BPJT. Masalah pembebasan lahan kewenangannya Bina Marga. Kalau dari kita sih tetap lanjut,” ujarnya saat d

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini