Jadi Syarat Penerbangan, Ini Daftar 4 Bandara yang Layani Tes GeNose Mulai 1 April

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 320 2387662 jadi-syarat-penerbangan-ini-daftar-4-bandara-yang-layani-tes-genose-mulai-1-april-b78wtaLU4w.jpg Penerapan GeNose di Bandara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - GeNoes muali digunakan untuk moda transportasi udara. Hal tersebut seiring dengan dikeluarkanya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan nomor 26 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengatakan, aturan ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021. Sehingga transportasi udara untuk perjalanan domestik akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai alat deteksi dini untuk pengecekan penumpang negatif Covid 19.

Baca Juga: Intip Kecanggihan Bandara Kuabang Rp300 Miliar

"Kami akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai salah satu alternatif persyaratan calon penumpang untuk dapat terbang, namun saat ini akan dimulai di 4 bandar udara,” ujarnya dalam keteranganya, Kamis (1/4/2021)

Novie menambahkan, 4 bandara yang akan menerapkan alat GeNose secara bertahap , yakni Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Kemudian ada Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Baca Juga: Pasca Bom Gereja Katedral, Keamanan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Diperketat

"Akan dimulai sejak 1 April 2021, meskipun akan terbatas, namun akan terus dilakukan penambahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaannya, dan penumpang juga dapat menggunakan RT-PCR dan Rapid Test Antigen,” jelasnya. 

Dengan adanya SE ini diharapkan bisa membantu masyarakat. Karena semakin banyak pilihan alat uji coba covid-19 yang tersedia.

“Dengan adanya SE ini diharapkan masyarakat memiliki lebih banyak pilihan untuk menggunakan alat uji Covid sebagai syarat perjalanan,” ucapnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini