Pedagang: Tak Pernah Harga Pangan Turun, Pasti Naik saat Bulan Puasa

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 05 April 2021 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 320 2389825 pedagang-tak-pernah-harga-pangan-turun-pasti-naik-saat-bulan-puasa-rO7qPV2oUz.jpg Pasar Tradisional (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pedagang mengeluhkan harga pangan yang kerap naik pada bulan Ramadan. Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengungkapkan bahwa harga komoditas pangan pasti akan naik saat bulan puasa. Dia mengatakan selama 10 tahun terakhir harga kebutuhan pangan tidak pernah turun saat Ramadhan.

Baca Juga: Gejolak Harga Cabai, Inflasi Maret 2021 Diprediksi 0,15%

"Belum pernah dalam kurun 10 tahun terakhir harga pangan itu gak naik saat bulan puasa. Itu gak pernah, pasti naik," katanya kepada MNC portal Indonesia, Senin (5/4/2021).

Naiknya harga pangan selalu terus terjadi saat lebaran, namun pemerintah belum bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga: Badan Pangan Nasional Belum Terbentuk, DPR Panggil 4 Menteri Jokowi

Adullah menilai, bahwa pemerintah belum memiliki data yang valid terkait hal ini. Baik itu dari segi ketersediaan pangan atau pun jumlah yang akan di konsumsi.

"Naik harga pangan karena suplly dan demandnya tidak seimbang," terangnya.

Dia menambahkan, pemerintah sebaiknya memiliki data yang sinkron antara konsumsi dan jumlah produksi pangan. Jika data memiliki data tersebut, pasti bisa mengantisipasi naiknya harga pangan.

"Selama ini data tidak sinkron sehingga tidak bisa mengantisipasi kenaikan harga," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini