Insentif PPnBM, Wapres Sebut Penjualan Mobil Laris Manis

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 320 2390172 insentif-ppnbm-wapres-sebut-penjualan-mobil-laris-manis-FSGhzjOskh.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan bahwa relaksasi pajak pembelian mobil dan rumah pada akhir Maret dilakukan untuk mendorong demand kelas menengah. Maruf mengatakan relaksasi tersebut diberikan melalui pembebasan PPnBM dengan uang muka 0%.

“Kebijakan ini telah berhasil mendorong penjualan mobil, sehingga saat ini Pemerintah memperluas relaksasi PPnBM untuk kendaraan di atas 1.500 CC,” katanya dalam acara Forum Indonesia Bangkit dengan tema Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Ada Diskon Pajak, Harga Mobil Bisa Turun hingga Rp36 Juta

Sebelumnya pada awal Maret lalu, insentif pajak tersebut diberikan kepada mobil tertentu dengan kapasitas hingga 1.500 cc. Kemudian Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memperluas insentif ini untuk mobil dengan kapasitas dari 1.500 cc hingga 2.500 cc.

Dia berharap adanya perluasan ini dapat memberikan multiplier effect terhadap sektor-sektor terkait.

Baca Juga: 11 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT, Mayoritas Via Online

“Harapannya dengan kebijakan ini, akan memberikan multiplier effect terhadap sektor-sektor usaha ikutannya. Mulai dari pemasok suku cadang, retail, pembiayaan, hingga industri asuransi,” ujarnya. 

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Keputusan Menperin Nomor 839 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong mewah ditanggung oleh pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Dalam keputusan ini, pemerintah menambah 8 jenis kendaraan 1.500 cc sampai 2.500 cc yang mendapatkan relaksasi PPnBM.

Dari delapan mobil itu, sebanyak empat mobil Honda mendapatkan relaksasi PPnBM yakni Honda CRV 1.5 Turbo, Honda CRV 2.0 CVT, Honda HR-V 1.8 L, dan Honda City Hatchback. Berdasarkan data dari PT Honda Prospet Motors (HPM), dari keempat mobil tersebut, penurunan harga terbesar terjadi pada Honda CRV 1.5 L Turbo PRE sebesar Rp 36,50 juta sehingga menjadi Rp 540,5 juta.

"Harga OTR Jabodetabek ya," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini