Kemenhub Mau Bangun Jalur Kereta ke Objek Wisata Borobudur

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 320 2390994 kemenhub-mau-bangun-jalur-kereta-ke-objek-wisata-borobudur-Bmft2g6l6I.jpg Kereta (Foto: Ilustrasi Okezone)

SOLO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun jalur kereta menuju objek Wisata Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hal ini, menyusul ditetapkannya Borobudur menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Baca Juga: Menko Airlangga Minta Percepat Produksi GeNose untuk PPKM Mikro

Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Heru Wisnu Prabowo mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan kajian mengenai hal tersebut. Adanya rencana pembangunan jalur kereta ini dalam rangka untuk mempersiapkan diri sekaligus agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Borobudur naik kereta.

“Sebetulnya dulu tuh sudah ada, lewat di Patukan ke arah Magelang. Ini memang karena enggak operasi, keretanya jalurnya peruntukannya sudah berbeda sekarang, banyak rumah-rumah, bukan dipakai untuk jalur kereta api,” ucapnya saat ditemui di Solo, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Menteri Bambang Usul GeNose Banyak Digunakan di Pabrik

Sebagai langkah awal, pihaknya akan menentukan trase yang akan dipakai sebagai jalur kereta ke kawasan wisata Borobudur. Pihaknya, tengah mengukur kondisi topografis menuju wilayah Candi Borobudur yang diapit oleh empat gunung besar.

"Kita lagi tataran untuk trasenya, karena kereta api ini kan enggak bisa di daerah yang terjal. Gradiennya juga kan terbatas, sehingga kita lagi mencari trase yang terbaik," ucap Heru.

Heru memaparkan, pihaknya saat ini menyediakan dua alternatif rute kereta menuju Borobudur, apakah lewat Stasiun Patukan di Kulonprogo, atau dari Stasiun Sentolo di Kabupaten Sleman.

Terkait jenis moda yang akan digunakan, Heru belum bisa memberi bocoran. Apakah nantinya akan berbentuk kereta rel listrik (KRL) atau kereta rel diesel (KRD) seperti Kereta Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

"Sementara kita sebenarnya punya kereta dari Bandara YIA (Yogyakarta International Airport). Itu terlalu jauh ke arah Patukan. Ini ke arah Sentolo, belok ke atas menuju utara," kata Heru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini